Tautan-tautan Akses

Klaim Pengangguran Amerika Turun 28 Ribu


Para pencari kerja menghadiri menghadiri bursa kerja 2016 di New York, 2 November 2016 (Foto: dok).

Jumlah warga Amerika yang mengajukan permintaan tunjangan pengangguran minggu lalu turun hampir ke tingkat terendah dalam beberapa dekade yang menandakan lapangan pekerjaan yang sehat.

Laporan Departemen Tenaga Kerja AS, Kamis (5/1) mengatakan klaim pengangguran turun 28 ribu dari tingkat nasional 235 ribu. Pakar ekonomi mengatakan angka apapun di bawah 300 ribu berarti pasar tenaga kerja sehat. Klaim pengangguran mingguan ini berada di bawah batas itu selama hampir dua tahun.

Laporan terpisah dari perusahaan ADP mengatakan para majikan swasta menambah 153 ribu pekerjaan pada bulan Desember, sedikit di bawah jumlah bulan lalu. ADP mengumpulkan data itu dari jutaan cek gaji yang diprosesnya.

Tingkat pengangguran Amerika 10 persen ketika terjadi resesi terburuk beberapa tahun lalu, tapi turun mantap mencapai 4,6 persen bulan November. Tingkat pengangguran bulan Desember akan dilaporkan hari Jumat.

Kantor berita keuangan Bloomberg mensurvei para ekonom dan mereka menyimpulkan bahwa tingkat pengangguran akan meningkat sedikit menjadi 4,7 persen. Sebagian ekonom juga memperkirakan laporan hari Jumat akan menunjukkan kenaikan 175 ribu lapangan kerja dalam perekonomian selama bulan Desember. (my/isa)

XS
SM
MD
LG