Tautan-tautan Akses

AS

Angka Pengangguran AS Kembali Turun jadi 4,6 Persen


Para pencari kerja AS mengisi formulir aplikasi pada Bursa Lowongan Kerja di Los Angeles, California (foto: dok).

Angka pengangguran AS turun ke tingkat terendah dalam sembilan tahun menjadi 4,6 persen, yang mencerminkan meningkatnya kepercayaan pada perekonomian Amerika.

Para pengusaha meningkatkan jumlah karyawan Amerika dengan cepat pada bulan November, mendorong pengangguran turun ke tingkat terendah dalam sembilan tahun menjadi 4,6 persen, yang mencerminkan meningkatnya kepercayaan pada perekonomian Amerika.

Laporan mengenai bidang pekerjaan yang kuat ini pertanda lain bahwa Bank Sentral akan menaikkan suku bunga acuan akhir bulan ini.

Departemen Tenaga Kerja Amerika hari Jumat melaporkan bahwa pegawai penerima gaji di luar sektor pertanian meningkat dengan 178.000 bulan lalu, yang umumnya sejalan dengan prakiraan para pakar ekonomi, yaitu 180.000.

Tingkat pengangguran 4,6 persen bulan November, terendah sejak Agustus 2007, turun 0,3 persen dari bulan Oktober.

Meskipun pasaran ketat, pertumbuhan upah tertahan setelah dua bulan berturut-turut mengalami kenaikan. Gaji rata-rata per jam turun tiga sen, atau 0,1 persen, menjadi $25,89. Dalam masa 12 bulan yang berakhir bulan November, gaji rata-rata per jam naik 2,5 persen. [sp/ii]

XS
SM
MD
LG