Tautan-tautan Akses

AS

Kesenjangan Pendapatan di AS Makin Besar


Di saat pengangguran AS masih tinggi seperti di New Jersey ini, ternyata warga terkaya AS mengalami lonjakan pendapatan (foto: ilustrasi).

Di saat pengangguran AS masih tinggi seperti di New Jersey ini, ternyata warga terkaya AS mengalami lonjakan pendapatan (foto: ilustrasi).

Kesenjangan pendapatan antara 1 persen warga terkaya Amerika dan 99 persen warga AS lainnya melebar ke rekor tertinggi pada tahun 2012 lalu.

Pada saat perekonomian Amerika masih tersendat dan angka pengangguran nasional berada pada tingkat 7,4 persen jurang pendapatan antara warga terkaya di Amerika yang jumlahnya satu persen dengan warga sisanya tahun lalu dilaporkan makin melebar.

Kesenjangan pendapatan antara 1 persen warga terkaya dan 99 persen warga Amerika melebar ke rekor tertinggi tahun lalu.

Satu persen warga Amerika mengumpulkan 19,3 persen pendapatan rumah tangga tahun 2012, bagian terbesar dalam pemasukan pajak Internal Revenue Service dalam seabad ini.

Kesenjangan pendapatan Amerika makin melebar selama tiga dekade terakhir. Tapi menurut analisa angka IRS sejak 1913 yang dilakukan oleh para ekonom dari Universitas California Berkeley, Paris School of Economics dan Oxford University, hingga tahun lalu bagian pendapatan 1 persen warga terkaya sebelum dipotong pajak tidak pernah melampaui 18.7 persen yang terjadi tahun 1927,

Salah seorang dari ekonom itu Emmanuel Saez dari University of California, Berkeley mengatakan pendapatan warga terkaya Amerika mungkin meningkat tahun lalu sebagian karena mereka diuntungkan karena menguangkan surat-surat berharga guna menghindari pajak capital gain atau peningkatan modal yang mulai berlaku bulan Januari.

Tahun lalu pendapatan satu persen warga terkaya Amerika meningkat 19,6 persen dibandingkan peningkatan satu persen pada 99 persen warga Amerika lainnya.

Warga terkaya Amerika terpukul paling keras oleh krisis keuangan. Pendapatan mereka turun lebih dari 36 persen selama resesi besar 2007-2009 karena harga saham anjlok. Pendapatan 99 persen warga Amerika turun hanya 11,6 persen, menurut analisis itu.

Tetapi karena resesi secara resmi berakhir pada bulan Juni 2009, satu persen warga terkaya telah menikmati laba dari meningkatnya keuntungan perusahaan dan harga saham: 95 persen tambahan pendapatan yang dilaporkan sejak tahun 2009 telah dinikmati oleh satu persen warga terkaya Amerika.

Tambahan peningkatan itu dibandingkan dengan 45 persen tambahan bagi satu persen warga terkaya pada perluasan ekonomi tahun 1990-an dan 65 persen tambahan akibat perluasan ekonomi setelah resesi tahun 2001.

Satu persen rumah tangga warga terkaya Amerika berpendapatan di atas 394 ribu dolar tahun lalu. Sedangkan 10 persen warga terkaya pendapatannya melebihi 114 ribu dolar tahun lalu.

Angka-angka pendapatan mencakup upah, pembayaran pensiun, dividen dan keuntungan modal dari penjualan saham dan aset lainnya. Angka-angka itu tidak termasuk pembayaran dari program pemerintah seperti tunjangan pengangguran dan Jaminan Sosial.
XS
SM
MD
LG