Tautan-tautan Akses

Warga Terkaya AS Peroleh Hampir Separuh Pendapatan Seluruh Warga AS Tahun 2012


Gedung Dinas Penerimaan Pajak Federal Amerika (IRS) di Washington DC, 22 Maret 2013 (Foto: dok).

Gedung Dinas Penerimaan Pajak Federal Amerika (IRS) di Washington DC, 22 Maret 2013 (Foto: dok).

10 persen warga terkaya Amerika memperoleh hampir separuh pendapatan rumah tangga Amerika dalam tahun 2012, bagian terbesar mereka sejak dimulainya pencatatan pembukuan tahun 1917.

Satu persen warga paling kaya Amerika tahun lalu memperoleh bagian terbesar dalam lebih 80 tahun dari pendapatan rumah tangga Amerika.

Kelompok tersebut terakhir kali memperoleh lebih dari 19 persen penghasilan semua warga Amerika pada tahun 1928, hanya satu tahun sebelum anjloknya pasaran saham yang memicu terjadinya "Great Depression", depresi besar ekonomi.

Sementara itu, 10 persen warga terkaya Amerika memperoleh hampir separuh pendapatan rumah tangga Amerika dalam tahun 2012, bagian terbesar mereka sejak dimulainya pencatatan pembukuan tahun 1917.

Berita ini datang dari analisa independen data yang diperoleh dari Dinas Penerimaan Pajak Federal Amerika atau IRS. Emmanuel Saez dari Universitas California, Berkeley, adalah salah seorang ekonom yang meninjau data tersebut. Ia mengatakan pendapatan warga paling kaya Amerika meningkat tahun lalu, sebagian karena mereka menjual saham mereka untuk menghindarkan pajak atas kenaikan nilai investasi yang mulai berlaku bulan Januari tahun ini.
XS
SM
MD
LG