Tautan-tautan Akses

AS

Bursa Kerja AS Sedikit Alami Peningkatan


Para warga AS yang sedang mencari kerja menghadiri bursa kerja di Atlanta, Georgia (foto: dok).

Para warga AS yang sedang mencari kerja menghadiri bursa kerja di Atlanta, Georgia (foto: dok).

Penerimaan pegawai pada bulan Juli secara keseluruhan meningkat menjadi 4,4 juta, naik dari 4,3 juta pada bulan Juni dan 4,17 juta setahun lalu.

Kalangan pengusaha Amerika mengiklankan lebih sedikit lowongan kerja pada bulan Juli, tetapi menerima lebih banyak pegawai baru, pertanda bahwa perbaikan yang sedang-sedang saja dalam bursa kerja.

Lowongan kerja turun 180.000 pada bulan Juli menjadi 3,7 juta, kata Departemen Perburuhan hari Selasa. Angka itu turun dari 3,9 juta pada bulan sebelumnya, yang kemudian direvisi lebih rendah.

Penerimaan pegawai secara keseluruhan meningkat menjadi 4,4 juta, naik dari 4,3 juta pada bulan Juni dan 4,17 juta setahun lalu. Kendati demikian, penerimaan pegawai baru berfluktuasi dalam beberapa bulan ini berada di bawah 5 juta sebelum resesi.

PHK turun 1,5 juta, tingkat terendah dalam catatan sejak tahun 2001.

Data terbaru tentang lowongan kerja serta PHK dan penerimaan pegawai dalam angkatan kerja itu menandaskan kembali betapa lambannya tetapi stabilnya kemajuan yang terjadi dalam tiga tahun ini. Ekonomi Amerika menambah lapangan kerja. Tetapi sebagian besar perbaikan berasal dari menurunnya jumlah PHK – bukan cepatnya penerimaan pegawai.

Pengusaha menambah 169.000 lapangan kerja bersih pada bulan Agustus, dan jauh lebih sedikit dari perkiraan sebelumnya pada bulan Juli dan Juni, kata pemerintah Amerika hari Jumat. Tingkat pengangguran turun menjadi 7,3 persen, tetapi hanya karena lebih banyak orang tidak lagi mencari pekerjaan. Pemerintah tidak menghitung seseorang sebagai penganggur kecuali secara aktif mencari pekerjaan.

Para pembuat kebijakan bank sentral Amerika akan bertemu pekan depan untuk memutuskan apakah akan mengurangi pembelian obligasi bulanan sebesar $85 miliar. Pembelian obligasi telah membuat suku bunga jangka panjang tetap rendah serta mendorong konsumen dan bisnis untuk meminjam dan membelanjakan lebih banyak uang.
XS
SM
MD
LG