Tautan-tautan Akses

Kepala Bank Sentral Eropa: Posisi Keuangan 17 Negara Zona Euro Lebih Baik


Kepala Bank Sentral Eropa, Jean-Claude Trichet (foto: dok).

Kepala Bank Sentral Eropa, Jean-Claude Trichet (foto: dok).

Menurut Kepala Bank Sentral Eropa Jean-Claude Trichet, posisi keuangan 17 negara zona euro jauh lebih baik daripada negara besar lainnya.

Kepala Bank Sentral Eropa Jean-Claude Trichet mengatakan posisi keuangan dari 17 anggota zona euro lebih baik daripada negara-negara besar lainnya.

Trichet berbicara hari Sabtu pada akhir pertemuan dua hari para menteri keuangan Uni Eropa di Wroclaw, Polandia. Ia menggambarkan prospek jangka menengah bagi negara-negara zona euro "cukup menggembirakan."

Pernyataannya menyusul komentar Menteri Keuangan Amerika Timothy Geithner hari Jumat, yang mendesak Uni Eropa untuk mengambil tindakan cepat terhadap krisis keuangannya. Geithner juga mengatakan perdebatan politik di Eropa telah membuat situasi memburuk.

Kemunculan Timothy Geithner dalam pertemuan Polandia mengisyaratkan bertambahnya kekhawatiran Amerika bahwa krisis keuangan Eropa dapat mengancam pemulihan ekonomi Amerika.

Para menteri Uni Eropa menunda keputusan tentang apakah akan memberi Yunani dana talangan 11 milyar dolar berikutnya untuk membantu mencegah gagal bayar hutang. Mereka juga gagal menyimpulkan perdebatan tentang pengenaan pajak transaksi keuangan.

Perdana Menteri Yunani George Papandreou hari Sabtu membatalkan rencana kunjungan ke Amerika untuk menangani krisis yang semakin memburuk di dalam negeri. Yunani berada di bawah tekanan untuk memenuhi komitmen penghematan yang dijanjikan kepada Uni Eropa untuk memperoleh dana talangan berikutnya bernilai 150 miliar dolar.

XS
SM
MD
LG