Tautan-tautan Akses

Khawatir Yunani Gagal Bayar Utang, Pasar Saham Dunia Jatuh


Pialang saham mengamati pergerakan nilai euro terhadap dolar AS (kiri) dan CAC, indeks saham Perancis (kanan) di Paris (12/9).

Pialang saham mengamati pergerakan nilai euro terhadap dolar AS (kiri) dan CAC, indeks saham Perancis (kanan) di Paris (12/9).

Kekhawatiran ketidakmampuan Yunani membayar utang, menyebabkan pasar saham dunia anjlok dan pertumbuhan ekonomi melambat.

Kekhawatiran bahwa Yunani tidak akan mampu memenuhi berbagai ketentuan pinjaman dana talangan yang ditetapkan tahun lalu menyebabkan pasar-pasar saham dunia jatuh dan secara tajam mengurangi nilai euro.

Pasar-pasar di Asia jatuh tajam, dimana indeks Hong Kong turun lebih dari 4 persen. Indeks-indeks Eropa dibuka lebih rendah dan terus menurun, dimana sebagian besar menunjukkan penurunan sekitar 4 persen.

Saham-saham bank adalah yang paling terkena dampak dari kemungkinan Yunani gagal bayar utang, dan para investor takut badan-badan pemeringkat akan menurunkan peringkat kredit bank karena memberi pinjaman ke Yunani. Pejabat-pejabat pemerintah Jerman terutamanya telah mengadakan pertemuan untuk menjaga kelangsungan sektor bank negara itu jika Yunani ambruk.

Berbagai tanda, yang menunjukkan para pembuat kebijakan Eropa berbeda pendapat mengenai bagaimana mengatasi kesulitan keuangan Yunani, membuat euro hari Senin terkikis ke tingkat terendah dalam tujuh bulan terhadap dollar.

Harga minyak turun lebih dari 2 dollar per barel karena kekhawatiran mengenai krisis utang Eropa dan pertumbuhan ekonomi global yang melambat.

Saham future Amerika juga jatuh, dan mengindikasikan pasar-pasar Amerika hari Senin akan dibuka lebih rendah mengikuti penurunan pekan lalu.

XS
SM
MD
LG