Tautan-tautan Akses

Keluarga Kerajaan Inggris Lawan Stigma terhadap Kesehatan Mental


Pangeran William (kedua dari kiri), istrinya Kate dan adiknya Harry (kanan) dalam sebuah acara di London. (Foto: Dok)

Pangeran William (kedua dari kiri), istrinya Kate dan adiknya Harry (kanan) dalam sebuah acara di London. (Foto: Dok)

Duke dan Duchess of Cambridge serta Pangeran Harry akan bekerjasama dengan badan-badan amal "untuk mengubah perbincangan nasional mengenai kesejahteraan mental."

Pangeran William, istrinya Kate dan adiknya Harry menyeru rakyat Inggris hari Senin (16/5) untuk membuang prasangka mereka atas kesehatan mental dalam proyek gabungan terbesar dari tiga anggota kerajaan tersebut.

Dalam kampanye "Heads Together" yang mereka luncurkan di London, Duke dan Duchess of Cambridge serta Pangeran Harry akan bekerjasama dengan badan-badan amal "untuk mengubah perbincangan nasional mengenai kesejahteraan mental," menurut pernyataan dari Istana Kensington.

"Kami telah melihat berulang kali bagaimana masalah kesehatan mental yang tidak terselesaikan menjadi salah satu tantangan sosial terbesar kita," ujar William dalam pidato gabungan bersama Kate dan Harry.

"... Heads Together ingin agar orang-orang membicarakan hal ini. Semakin banyak kita berbicara mengenai kesehatan mental, topik tersebut akan semakin normal, dan kita akan semakin merasa bisa terbuka dan mencari dukungan."

Harry menggunakan permainan balok tumpuk yang disebut "jenga", yang digunakan oleh beberapa profesional perawatan kesehatan mental sebagai alat terapi, sementara Kate dan William mencoba beberapa gerakan tinju untuk memberi ilustrasi peran olahraga dalam mempromosikan kesehatan mental.

Kate selama ini vokal dalam membicarakan isu-isu kesehatan mental. Bulan Februari, ia menjadi editor tamu laman berita Huffington Post UK untuk meminta para penulis menuliskan artikel-artikel mengenai isu kesehatan mental yang mempengaruhi anak-anak. [hd/dw]

XS
SM
MD
LG