Tautan-tautan Akses

Ratu Elizabeth: Para Pejabat China Sangat Tidak Sopan


Ratu Elizabeth di London, Inggris, 29 Februari 2012 (Foto: dok).

Ratu Elizabeth di London, Inggris, 29 Februari 2012 (Foto: dok).

Pernyataan Ratu Elizabeth yang jarang ini menjadi sorotan media karena ratu hampir tidak pernah mengeluarkan pernyataan terkait politik dan media yang menyertainya diinstruksikan untuk tidak mencuri dengar percakapan pribadi.

Ratu Elizabeth dari Inggris tertangkap kamera menyebut para pejabat China sangat tidak sopan dalam sebuah pembicaraan dengan seorang pejabat tinggi kepolisian Inggris.

Ratu mengeluarkan pernyataan itu Selasa (10/5) pada sebuah pesta kebun di Istana Buckingham, hanya beberapa jam setelah PM David Cameron tertangkap mikrofon mengeluarkan pernyataan tidak diplomatis kepada ratu bahwa Nigeria dan Afghanistan "luar biasa korup”.

Video itu merekam komandan polisi Lucy D'Orsi yang sedang mengatakan kepada ratu bahwa mengatur kunjungan kenegaraan Presiden China Xi Jinping pada bulan Oktober merupakan sebuah ujian. Elizabeth menanggapi dengan mengatakan para pejabat China sangat tidak sopan terhadap dubes Inggris.

Juru kamera Istana Buckingham merekam pembicaraan itu dan mendistribusikan video itu, yang kemudian diudarakan Rabu.

Pernyataan Elizabeth yang jarang ini menjadi sorotan media karena ratu berusia 90 tahun itu hampir tidak pernah mengeluarkan pernyataan terkait politik dan media yang menyertainya diinstruksikan untuk tidak mencuri dengar percakapan pribadi.

Ditanya mengenai pernyataan itu dalam sebuah konperensi pers harian di Beijing Rabu, seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri China menolak memberikan komentar langsung, namun mengatakan kunjungan Xi ke Inggris tahun lalu sukses besar. [ab/as]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG