Tautan-tautan Akses

Kapal Rusia dan China di Antartika Sudah Bebas dari Es


Kapal Rusia Akademik Shokalskiy saat terperangkap di es di Antartika, Desember 2013.

Kapal Rusia Akademik Shokalskiy saat terperangkap di es di Antartika, Desember 2013.

Kapal penerobos es China dan kapal penelitian Rusia dilaporkan telah berhasil melepaskan diri dari es di Antartika, dan keduanya sekarang sedang bergerak menuju perairan terbuka.

Menurut laporan dari Antartika, sebuah kapal penerobos es China dan sebuah kapal penelitian Rusia telah berhasil melepaskan diri dari es yang tebal, dan kedua kapal sedang bergerak menuju perairan terbuka, Selasa (7/1).

Kantor berita resmi China, yang melaporkan dari kapal Xue Long, mengatakan kapal itu mencapai perairan terbuka Selasa malam waktu Beijing setelah hampir seminggu terperangkap es. Kapal penerobos es itu juga kemudian turut terperangkap dan terisolasi setelah menggunakan satu dari helikopternya untuk menolong para penumpang dari kapal penelitian Rusia, Akademik Shokalskly.

Kapal Rusia itu bertolak dari Selandia Baru 28 November dalam usaha me-rekonstruksi perjalanan penjelajah Australia Douglas Mawson se-abad lalu ke Antartika, tetapi kemudian terperangkap es tanggal 24 Desember yang lalu. Kapal pemecah es China menjadi turut terperangkap setelah menolong ke-52 penumpang kapal Rusia tadi.

Pihak berwenang mengatakan Selasa malam pertolongan kapal penerobos es Pengawal Pantai Amerika, Polar Star, yang telah dikerahkan sebelumnya pekan ini tidak dibutuhkan lagi. Kapal itu sekarang meneruskan misi pengangkutan logistiknya yang semula ke sebuah pangkalan penting Amerika di benua yang beku itu.
XS
SM
MD
LG