Tautan-tautan Akses

AS Akan Bantu Kapal yang Terperangkap Es di Antartika


Helikopter mengangkut kelompok penumpang pertama dari kapal Rusia MV Akademik Shokalskiy yang terperangkap di es.

Helikopter mengangkut kelompok penumpang pertama dari kapal Rusia MV Akademik Shokalskiy yang terperangkap di es.

Kapal pemecah es AS, Polar Star, akan membantu kapal penelitian Rusia Akademik Shokalskiy dan kapal pemecah es China, Snow Dragon yang terperangkap es di Antartika.

Pengawal Pantai Amerika, US Coast Guard, mengatakan salah satu kapalnya menanggapi permintaan dari Australia, Rusia dan China untuk membantu dua kapal yang terperangkap es di Antartika.

Coast Guard pada Sabtu (4/1) mengatakan kapal pemecah es, Polar Star, membatalkan rencana berhenti di Sydney supaya bisa membantu kapal penelitian Rusia Akademik Shokalskiy dan kapal pemecah es China, Snow Dragon.

Dalam pernyataan, perwira militer Amerika Paul Zukunft mengatakan, prioritas utama Coast Guard adalah "keselamatan di laut." Menurutnya, itulah alasan Coast Guard akan membantu membuka jalan navigasi untuk kedua kapal yang terperangkap.

Kapal Akademik Shokalskiy sudah terperangkap es sejak 24 Desember. Helikopter dari Snow Dragon mengangkut ke-52 penumpang kapal Rusia itu Kamis ke kapal pemecah es Australia, Aurora Australis. Tetapi kapal Snow Dragon juga terperangkap es.

Kapal Aurora Australis kembali Sabtu dengan ke-52 penumpang yang diselamatkan, setelah diberitahu kapal itu tidak diperlukan untuk membantu Snow Dragon. Awak kapal Snow Dragon mengatakan mereka tidak dalam bahaya dan memiliki cukup pasokan untuk beberapa minggu.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG