Tautan-tautan Akses

Kapal China Patroli di Perairan Kepulauan yang Disengketakan


Kapal patroli Penjaga Pantai Taiwan, Kaohsiung (CG 129), di perairan Itu Aba. (Foto: ilustrasi)

Kapal patroli Penjaga Pantai Taiwan, Kaohsiung (CG 129), di perairan Itu Aba. (Foto: ilustrasi)

China berpatroli di perairan kepulauan yang disengketakan hari Minggu (11/12), sehari setelah meluncurkan penerbangan di atas dua jalur pelayaran yang sangat strategis dekat Taiwan dan Jepang.

Pernyataan pemerintah China mengatakan kedua latihan akhir pekan itu bersifat rutin. Latihan itu diadakan tidak lama setelah Presiden Taiwan Tsai Ing-wen berbicara dengan Presiden terpilih Amerika Donald Trump, pembicaraan telepon yang dikecam keras oleh China, yang menganggap Taiwan wilayah China.

Paling sedikit 10 pesawat China hari Sabtu terbang di atas Selat Miyako antara dua pulau Jepang, kata kementerian pertahanan Taiwan dalam pernyataan. Empat pesawat itu juga terbang di atas Selat Bashi dekat Taiwan, menurut pernyataan tersebut.

Kedua jalur pelayaran itu adalah penghubung laut China Selatan dan Timur yang disengketakan dan Samudera Pasifik.

Media pemerintah China kemudian mengumumkan hari Minggu bahwa tiga kapal berpatroli di kepulauan Senkaku, yang dikuasai oleh Jepang tetapi juga diklaim oleh China, yang menamakan kepulauan itu Diaoyu.

China telah melancarkan penerbangan sebelumnya di atas kedua jalur pelayaran itu, termasuk bulan lalu, serta patroli daerah sekitar kepulauan itu.

China tidak menyebut Taiwan dalam kedua pernyataannya yang mengumumkan latihan tersebut. China sebaliknya menuduh Jepang mengerahkan dua pesawat tempur untuk “mengganggu” pilot China, termasuk peluncuran pengganggu komunikasi yang membahayakan keselamatan pesawat China dan awaknya.”

Kementerian pertahanan Jepang belum menanggapi tuduhan itu hari Minggu. [gp]

XS
SM
MD
LG