Tautan-tautan Akses

Para Kandidat Capres AS Salahkan Trump atas Kekacauan Kampanye


Para pendukung Donald Trump (kiri) saling dorong dengan para demonstran anti Trump di kota Chicago, Jumat malam (11/3).

Para pendukung Donald Trump (kiri) saling dorong dengan para demonstran anti Trump di kota Chicago, Jumat malam (11/3).

Perkelahian, saling dorong pecah antara para pendukungnya dan demonstran yang menentang pencalonannya pada kampanye Donald Trump di beberapa negara bagian.

Para saingan politik Donald Trump, unggulan pada persaingan pencalonan presiden Partai Republik, menyalahkan Trump karena memupuk kemarahan yang memuncak pada konfrontasi disertai kekerasan pada kampanye-kampanye politiknya dalam beberapa hari terakhir.

Perkelahian, saling dorong pecah antara para pendukungnya dan demonstran yang menentang pencalonannya pada kampanye-kampanye Trump di beberapa negara bagian di mana pemilu pendahuluan untuk pencalonan Partai Republik dijadwalkan hari Selasa (15/3).

Pihak berwenang menangkap sejumlah demonstran sebagian di dalam kampanyenya di Illinois, Missouri, North Carolina dan Ohio dan yang lainnya di luar kampanye atau di jalan-jalan di dekatnya.

Salah seorang saingannya, Senator asal Florida Marco Rubio menyebut peningkatan kerusuhan di tempat-tempat kampanye Trump “menakutkan dan buruk”. Ia menyalahkan retorika Trump yang menghasut pendukungnya “untuk meninju” demonstran dan mengatakan ia akan membayar biaya jika mereka diperkarakan oleh polisi.

Rubio penantang utama Trump hari Selasa, di negara bagian Florida di mana ia tinggal dan di mana Trump memiliki rumah peristirahatan mewah mengatakan, "ini gegabah dan berbahaya”. Kita tidak bisa bicara sembarangan sebagai presiden atau calon presiden. Setiap hari ada saja yang baru.

Dua penantang Trump lainnya dari Partai Republik, Senator asal Texas Ted Cruz dan Gubernur Ohio, John Kasich serta dua kandidat presiden Partai Remokrat, mantan menlu Hillary Clinton dan Senator asal Vermont, Bernie Sanders semuanya menyalahkan Trump, politisi pemula dan mantan pembawa acara di televisi atas komentar tersebut yang mengarah pada konfrontasi fisik pada kampanye-kampanye politiknya dalam beberapa hari terakhir.

“Orang menyimak saran Trump, itu sebabnya ia gegabah,” kata Sanders kepada CNN hari Minggu. “Trump penyebab utamanya. Ia harus memperlunak komentarnya”.

Tapi Trump mengatakan kepada CNN bahwa “pengacau profesional” terkait kampanye Sanders penyebab konfrontasi Jumat (11/3) malam pada kampanye Trump di Chicago yang dibatalkan karena meningkatnya kekhawatiran akan keamanan. Trump mengatakan “ia seharusnya dihargai” karena bertanggung jawab dengan membatalkan kampanye itu.

Sanders mengatakan sebagian pendukungnya mengganggu acara Trump itu tapi kampanyenya tidak berperan dalam mengorganisir demonstrasi anti Trump. [jm/my]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG