Tautan-tautan Akses

AS

Donald Trump Lanjutkan Kampanye di Ohio


Agen-agen rahasia mengelilingi kandidat calon presiden dari Partai Republik Donald Trump di bandara internasional Dayton di Ohio (12/3). (Reuters/Aaron P. Bernstein)

Agen-agen rahasia mengelilingi kandidat calon presiden dari Partai Republik Donald Trump di bandara internasional Dayton di Ohio (12/3). (Reuters/Aaron P. Bernstein)

Ohio merupakan sasaran penting bagi sebagian besar kandidat capres Partai Republik dalam pemilihan pendahuluan hari Selasa di negara bagian itu.

Kandidat calon presiden AS dari Partai Republik, Donald Trump, melanjutkan kampanyenya di Ohio hari Sabtu (12/3) setelah ribuan pemrotes bentrok dengan para pendukungnya, yang memaksa panitia membatalkan kampanye yang direncanakan di Chicago.

Puluhan pemrotes yang meneriakkan slogan anti-Trump memasuki gedung tempat kampanye di Chicago Jumat malam, sementara ribuan lagi berkumpul di luar gedung itu, serta para pendukung calon terkuat itu.

Setelah perkelahian pecah, Trump mengeluarkan pernyataan yang mengumumkan kampanye itu ditangguhkan dan mendesak setiap orang agar “pergi dengan damai.” Polisi mengatakan mereka menangkap lima orang dan dua orang polisi dibawa ke rumah sakit dengan luka ringan.

"Trump telah menciptakan lingkungan beracun,” kata penantangnya John Kasich, dalam jumpa pers hari Sabtu di Cincinnati.

Kasich adalah gubernur Ohio, yang merupakan sasaran penting bagi sebagian besar kandidat capres Republik dalam pemilihan pendahuluan hari Selasa di negara bagian itu.

Kasich mengatakan ia telah berusaha melancarkan kampanye positif dalam usahanya untuk menjadi calon presiden. Membina kampanye dengan komentar-komentar negatif, kata Kasich, “menurunkan etika politik dan tidak dapat diterima.”

Trump umumnya mengutuk pemrotes yang melambaikan poster-poster atau berusaha mengganggu rapat umum kampanyenya, dan meminta mereka agar dikeluarkan dari tempat kampanye.

Ia belum tiba di tempat itu sebelum kerusuhan Jumat malam mulai, tetapi kemudian mengatakan,”saya kira kita mengambil keputusan yang benar dengan membatalkannya . . . walaupun kebebasan berbicara kita dilanggar.” [gp]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG