Tautan-tautan Akses

Partai Demokrat Kutuk Kerusuhan dalam Kampanye Donald Trump di Chicago

  • Associated Press

Kampanye Hillary Clinton di Chicago, Ill.

Kampanye Hillary Clinton di Chicago, Ill.

Donald Trump mengecam demonstrasi massa menentangnya di Chicago sebagai “hal yang memalukan” dan “serangan terencana.” Para pesaingnya di Partai Demokrat mengatakan nada yang disampaikan Trump dalam kampanye-kampanyenya lah yang memicu demonstrasi seperti itu.

Kandidat calon presiden Partai Demokrat Hillary Clinton mengutuk retorika kampanye kandidat calon presiden unggulan Partai Republik – Donald Trump – sebagai hal yang “berbahaya”, dan menyerukan kepada para pemilih untuk berdiri menghadapi “arus bullying, cercaan dan kefanatikan” menyusul demonstrasi bernuansa kerusuhan yang terjadi Jum’at malam (11/3) dalam kampanye Donald Trump di Chicago.

“Jika Anda bermain api, Anda akan memulai kebakaran yang tidak bisa dikendalikan”, ujar Clinton kepada para sukarelawan kampanyenya di St. Louis.

Berbicara dalam sebuah acara pengumpulan dana di Dallas, Presiden Barack Obama mengkritisi kerusuhan dalam kampanye Donald Trump di Chicago itu dengan mengatakan kandidat-kandidat yang bertarung untuk menjadi presiden seharusnya “lebih memusatkan perhatian untuk menjadikan Amerika lebih baik, tidak melakukan penghinaan, ejekan dan merekayasa fakta, tidak memecah belah berdasarkan agama dan ras, dan tentu saja tidak melakukan aksi kekerasan terhadap sesama warga Amerika”.

Sabtu pagi (12/3) Donald Trump mengecam demonstrasi massa menentangnya di Chicago sebagai “hal yang memalukan” dan “serangan terencana”, tetapi para pesaingnya di Partai Demokrat mengatakan nada yang disampaikan Trump dalam kampanye-kampanyenya lah yang memicu demonstrasi seperti itu.

Trump mengakan para pendukungnya dilecehkan dan diejek dalam sebuah acara di Illinois Jum’at malam (11/3) dimana ia mengatakan “telah diatur secara professional”.

Ketika berkampanye di Ohio hari Sabtu (12/3), pebisnis kaya raya itu mengatakan kepada kerumunan massa yang sangat antusias, bahwa ia menyerukan kepada kandidat calon presiden Partai Demokrat Bernie Sanders untuk “mengatakan kepada para pendukungnya supaya berhenti melakukan kegiatan anti-Trump”.

Sejumlah gambar demonstrasi bernuansa kerusuhan di Chicago menunjukkan para demonstran anti-Trump juga mendukung Sanders. Tetapi tidak ada indikasi bahwa mereka dikirim atau diatur oleh tim kampanye senator Vermont itu, yang selama ini memusatkan perhatian pada pertarungannya melawan mantan menteri luar negeri Hillary Clinton untuk memperebutkan nominasi calon presiden Partai Demokrat.

Kerumunan massa yang meneriakkan slogan-slogan anti-Trump memasuki arena dimana kampanye itu berlangsung hari Jum’at. Ribuan lainnya berada di luar gedung, bersama para pendukung kandidat lain Partai Republik. Setelah kerusuhan pecah, Trump mengeluarkan pernyataan mengumumkan bahwa kampanyenya di Chicago itu ditangguhkan dan menyerukan kepada setiap orang untuk “pulang dengan tenang”. Polisi mengatakan telah menangkap lima orang.

Salah seorang pesaing Trump – Gubernur Ohio John Kasich mengatakan “Donald Trump telah menciptakan lingkungan beracun”, demikian ujarnya pada sejumlah wartawan di kota Cincinnati. Ohio adalah salah satu target penting dalam pemilihan Super Tuesday tanggal 15 Maret nanti. [em]

XS
SM
MD
LG