Tautan-tautan Akses

Kalah Besar dalam Pemilu, Hollande Ganti PM Perancis


Manuel Valls (kiri) ditunjuk oleh Presiden Francois Hollande (kanan) sebagai PM baru Perancis Senin 31/3 (foto: dok).

Manuel Valls (kiri) ditunjuk oleh Presiden Francois Hollande (kanan) sebagai PM baru Perancis Senin 31/3 (foto: dok).

Presiden Perancis Francois Hollande mengganti perdana menterinya setelah Partai Sosialis mengalami kekalahan besar dalam pemilu di Perancis (30/3).

Presiden Perancis Francois Hollande mengganti perdana menterinya setelah Partai Sosialis yang berkuasa mengalami kekalahan besar dalam pemilu di tingkat lokal di seluruh pelosok negara itu.

Pemimpin Perancis itu hari Senin menunjuk Manuel Valls, menteri dalam negeri yang sangat populer, untuk menggantikan Perdana Menteri Jean Marc Avrault yang mengundurkan diri setelah kekalahan pemilu itu.

Pemilih diseluruh pelosok Perancis menolak calon-calon Partai Sosialis dalam pemilu hari Minggu, yang pertama setelah Hollande terpilih tahun 2012. Pemerintahnya sangat tidak populer ditengah lemahnya ekonomi Perancis, tingginya angka pengangguran dan turunnya standar kehidupan bagi banyak warga Perancis.

Partai Sosialis kehilangan kekuasaan di 155 kota, dikalahkan calon-calon dari partai sayap kanan moderat yang beroposisi dan, di 11 kota lainnya dikalahkan partai FN yang berhaluan sayap kanan ekstrem.
XS
SM
MD
LG