Tautan-tautan Akses

Italia Hentikan Rencana Pembangunan PLTN


Krisis nuklir yang berlangsung di Jepang membuat Italia mengurungkan niatnya membangun PLTN baru.

Krisis nuklir yang berlangsung di Jepang membuat Italia mengurungkan niatnya membangun PLTN baru.

Menteri Perindustrian Italia Paolo Romani menyampaikan pemerintahkan akan mengadakan moratorium pemilihan lokasi PLTN baru untuk satu tahun.

Italia akan mengikuti langkah negara-negara Eropa lainnya untuk menghentikan rencana pembangunan pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN).

Menteri Perindustrian Italia Paolo Romani mengatakan kepada komisi parlemen, Selasa, pemerintah akan mengadakan moratorium satu tahun untuk pemilihan lokasi PLTN baru. Romani mengatakan pengumuman resmi pemerintah akan dikeluarkan dalam sidang kabinet Italia, Rabu.

Italia melarang PLTN tahun 1987 setelah terjadi bencana Chernobyl, ketika reaktor yang dibangun Soviet meledak, menyebarkan gelombang bahan-bahan radioaktif ke udara dan membuat sakit ratusan ribu orang. Tapi, pemerintahan Perdana Menteri Silvio Berlusconi mendorong Italia agar mempertimbangkan PLTN sebagai sumber listrik yang baik.

Krisis nuklir di Jepang telah memicu keprihatinan mengenai keamanan PLTN di seluruh Eropa.

Minggu lalu, Jerman mengumumkan penangguhan sementara rencana untuk memperpanjang izin sejumlah PLTN Jerman, dan Swiss menangguhkan proses persetujuan tiga PLTN.

XS
SM
MD
LG