Tautan-tautan Akses

Menteri Energi AS Yakin dengan Keamanan PLTN di Amerika


Menteri Energi AS Steven Chu menyampaikan keterangannya dalam sidang dengar pendapat di Kongres AS, Rabu (16/3).

Menteri Energi AS Steven Chu menyampaikan keterangannya dalam sidang dengar pendapat di Kongres AS, Rabu (16/3).

Menteri Energi Steven Chu menyatakan energi nuklir tetap merupakan bagian penting dalam strategi energi bersih Presiden Barack Obama.

Menteri Energi Amerika Steven Chu mengatakan warga Amerika bisa sepenuhnya yakin bahwa PLTN di Amerika aman. Steven Chu memberi jaminan ini kepada para anggota Komisi Perdagangan dan Energi Kongres AS, Rabu, dalam sidang dengar pendapat tentang rancangan anggaran departemennya.

Steven Chu menyampaikan kepada anggota Kongres, energi nuklir tetap merupakan bagian penting dalam strategi Presiden Barack Obama, agar Amerika mendapatkan 80 persen energinya dari sumber energi bersih selambat-lambatnya tahun 2035. Departemen Energi mengatakan 20 persen listrik di Amerika saat ini berasal dari tenaga nuklir.

Sejumlah anggota Kongres mengemukakan keprihatinan mereka mengenai keamanan PLTN di Amerika, setelah gempa dan tsunami di Jepang. Gabungan kedua bencana alam tersebut telah membuat fasilitas reaktor nuklir Fukushima di Jepang beresiko meleleh.

Ketua Komisi Perdagangan dan Energi Kongres dari Partai Republik Ed Whitfield mengatakan tidak seorang pun yang ingin warga Amerika panik. Wakil dari Partai Demokrat Ed Markey mengatakan Amerika membutuhkan apa yang disebutnya “pergeseran seismik” dalam pengamanan reaktor nuklir.

Menteri Steven Chu mengatakan Departemen Energi Amerika kini memberi bantuan lapangan kepada Jepang, dan akan menggunakan setiap informasi untuk lebih meningkatkan keamanan dan keselamatan fasilitas-fasilitas nuklir Amerika.

XS
SM
MD
LG