Tautan-tautan Akses

Keprihatinan soal Laut China Selatan Dominasi KTT ASEAN


Perdana Menteri Malaysia Najib Razak berpidato dalam upacara pembukaan KTT ASEAN ke-26 di Kuala Lumpur, Senin (27/4).

Perdana Menteri Malaysia Najib Razak berpidato dalam upacara pembukaan KTT ASEAN ke-26 di Kuala Lumpur, Senin (27/4).

Para pemimpin ASEAN diminta dengan damai mengelola sengketa wilayah dengan China tanpa meningkatkan ketegangan di kawasan itu.

Konferensi Tinggi Tinggi Asosiasi Negara-Negara Asia Tenggara (ASEAN) dimulai di Kuala Lumpur hari Senin (27/4), dan usaha pembangunan pulau oleh Beijing di Laut China Selatan akan mendominasi pertemuan dua hari itu.

Para pemimpin ASEAN mengatakan upaya-upaya China membangun pulau di Laut China Selatan menjadi ancaman yang menggerogoti “perdamaian, keamanan dan stabilitas” kawasan itu.

Pernyataan yang dikeluarkan pada akhir KTT ASEAN di Malaysia menyatakan “keprihatinan serius” atas reklamasi lahan oleh China di laut tersebut dan menghimbau agar “China menahan diri dalam melakukan kegiatan-kegiatan”.

Juru bicara Kementrian LN China Hong Lei membela tindakan-tindakan negaranya dengan mengatakan kegiatan pembangunan itu berada dalam wilayah kedaulatan China.

“Kegiatan pembangunan China di pulau-pulau dan karang di Laut China Selatan sepenuhnya dalam kedaulatan wilayah China ”kata Hong Lei. “Kegiatan itu tidak salah, beralasan dan sah, dan tidak berdampak pada negara lain manapun”.

Perdana Menteri Malaysia Najib Razak membuka konferensi hari Senin \dengan mendesak ke-9 pemimpin lain ASEAN agar dengan damai mengelola sengketa wilayah dengan China tanpa meningkatkan ketegangan di kawasan itu.

Najib juga mengemukakan visi ASEAN menciptakan masyarakat tunggal kawasan itu, yang garis besarnya akan dibuat kelompok itu sebelum akhir tahun ini.

China sedang mereklamasi tanah dan membangun lapangan terbang dan prasarana di kepulauan Spratley, yang juga diklaim oleh Filipina, Vietnam, Malaysia, Brunei dan Taiwan. Daerah itu kaya akan sumber daya alam dan merupakan satu rute perdagangan utama.

XS
SM
MD
LG