Tautan-tautan Akses

Inggris Dominasi Olimpiade London hari ke-11


Pebalap sepeda Inggris, Jason Kenny memenangkan medali emas dalam salah satu nomor sprint (7/8).

Pebalap sepeda Inggris, Jason Kenny memenangkan medali emas dalam salah satu nomor sprint (7/8).

Tuan rumah Olimpiade London menikmati kemenangan besar hari Selasa (7/8) dengan meraih sejumlah medali dan menambah perolehan medalinya dengan cepat.

Inggris memenangkan medali emas dalam triatlon putra, balap sepeda dalam velodrome dan tim berkuda serta mendapat medali lainnya dalam cabang layar, balap sepeda dalam velodrome dan triatlon.

Sampai akhir pertandingan Inggris melampaui rekor Olimpiadenya dengan 19 medali emas yang dibuatnya di Beijing tahun 2008.

Di London Velodrome para penggemar melambaikan bendera Inggris dengan penuh kebanggaan selagi pembalap Chris Hoy dan Laura Trott berpacu untuk memenangkan medali emas. Hoy kini memegang rekor Inggris dengan perolehan terbanyak, enam medali emas.

Alistair Brownlee merebut medali emas dalam cabang olahraga triathlon putra, ia memisahkan diri dari peraih medali perak, Javier Gomez dari Spanyol dalam separuh tahapan terakhir, nomor lari 10-kilometer.

Anggota satu tim dengan Alistair Brownlee, Jonathan Brownlee yang juga adalah adiknya merebut medali perunggu.

Dari cabang atletik, Sprinter Jamaika Usain Bolt kembali tampil dalam Olimpiade London hari Selasa, ia maju ke babak semifinal 200 meter putra. Rekan setimnya Yohan Blake, yang berada di posisi kedua dalam babak final 100 meter hari Minggu lalu, juga lolos ke babak semifinal.

Hasilnya berbeda bagi atlet lari gawang Tiongkok Liu Xiang. Peraih medali emas Olimpiade 2004 dalam nomor 110 meter lari gawang itu membentur rintangan pertama dalam penyisihan, jatuh ke lintasan dan harus ditandu keluar lintasan. Dalam Olimpiade Beijing 2008, Liu terpaksa mundur karena cedera kaki.

Masih dalam cabang atletik, pelari Kenya Kiprop Asbel merebut medali emas dalam nomor 1.500 meter putra. Kiprop adalah juara bertahan Olimpiade namun diperkirakan akan menghadapi tantangan berat dari atlet Aljazair Taoufik Makhloufi.

Sementara itu, Tiongkok mendapat dua emas lagi dari cabang senam. Deng Linlin, pesenam puteri Tiongkok juara dunia tahun 2009 dalam nomor balok keseimbangan, merebut posisi pertama dalam nomor itu. Sebelumnya, atlet senam putra Tiongkok Feng Zhe merebut juara dalam nomor palang sejajar.

Ally Raisman dari Amerika memenangkan emas dalam senam lantai dan atlit Belanda Epke Zonderland mendapat emas dalam palang horizontal.

Kontingen Tiongkok dan Amerika semakin unggul dalam perolehan medali, masing-masing mengumpulkan 60 lebih medali. Inggris dan Rusia masih imbang dalam posisi ketiga dalam perolehan medali, tapi Inggris memperoleh medali emas dua kali lebih banyak.
XS
SM
MD
LG