Tautan-tautan Akses

Inggris akan Bayar Ganti Rugi Bekas Tahanan Guantanamo


Menteri Kehakiman Inggris, Kenneth Clarke khawatir soal keamanan nasional jika pemerintah dituntut di pengadilan.

Menteri Kehakiman Inggris, Kenneth Clarke khawatir soal keamanan nasional jika pemerintah dituntut di pengadilan.

Menteri Kehakiman Kenneth Clarke mengatakan pemerintah setuju membayar ganti rugi kepada para penggugat yang mengajukan tuntutan sipil.

Inggris mengatakan akan membayar jutaan dolar ganti rugi kepada kelompok bekas tahanan Teluk Guantanamo, yang merupakan warga atau penduduk Inggris yang menuduh pemerintah Inggris terlibat dalam penyiksaan atas diri mereka di luar negeri.

Menteri Kehakiman Kenneth Clarke mengatakan kepada parlemen hari Selasa bahwa pemerintah telah setuju untuk membayar ganti rugi kepada para penggugat yang mengajukan tuntutan sipil. Ia tidak memerinci kesepakatan itu dan menyebutnya sebagai perjanjian rahasia dengan pengacara para bekas tahanan itu.

Clarke mengatakan kepada para anggota parlemen pemerintah bisa menghadapi kasus yang rumit jika tuntutan itu sampai ke pengadilan, dan pemerintah tidak bisa membela diri tanpa merugikan keamanan nasional.

Keputusan ganti rugi tersebut menyusul perundingan berminggu-minggu dengan para pengacara bekas tahanan itu.

Sebelumnya hari Selasa, ITV news di Inggris mengatakan sekurangnya tujuh tahanan akan menerima pembayaran ganti rugi, dimana salah seorang akan menerima sekitar 1,6 juta dolar.

XS
SM
MD
LG