Tautan-tautan Akses

Organisasi Inggris: Somalia Negara Beresiko Terorisme Tertinggi


Somalia dinyatakan beresiko tinggi terorisme dengan adanya ancaman kelompok ekstrimis Islam al-Shabab.

Somalia dinyatakan beresiko tinggi terorisme dengan adanya ancaman kelompok ekstrimis Islam al-Shabab.

Maplecroft menempatkan Somalia di bagian teratas dalam daftar itu, diikuti oleh Pakistan, Irak, Afghanistan, dan wilayah Palestina.

Sebuah organisasi penasehat resiko global mengatakan Somalia kini menyusul Afghanistan, Irak dan Pakistan sebagai negara yang menghadapi resiko tertinggi terorisme.

Organisasi Maplecroft yang berbasis di Inggris, menyediakan konsultasi bisnis global, memberi peringkat kepada 196 negara dalam kategori terorisme dari resiko ekstrim hingga resiko rendah.

Maplecroft menempatkan Somalia di bagian teratas dalam daftar itu, diikuti oleh Pakistan, Irak, Afghanistan dan wilayah Palestina.

Maplecroft mengatakan Somalia mengalami 556 serangan teroris antara bulan Juni 2009 dan Juni 2010, yang menewaskan 1.437 orang.

Somalia dan pemerintah rapuhnya yang didukung oleh PBB berada di bawah ancaman kelompok ekstrimis Islam al-Shabab yang lebih menguasai Somalia. Mereka ingin mengubah Somalia menjadi negara Islam yang ketat.

Negara-negara yang berada dalam daftar resiko ekstrim lainnya untuk terorisme adalah Colombia, Thailand, Filipina, Yaman dan Rusia.

XS
SM
MD
LG