Tautan-tautan Akses

Buruh Lakukan Pemogokan Anti-Pemotongan Anggaran di Yunani


Poster pengumuman pemogokan nasional 24 jam terpampang di jalanan Thessaloniki, Yunani (30/11).

Poster pengumuman pemogokan nasional 24 jam terpampang di jalanan Thessaloniki, Yunani (30/11).

Pemogokan 24 jam di Yunani mencakup rapat umum protes serikat buruh di ibukota Athena, merupakan tantangan pertama bagi pemerintah koalisi Perdana Menteri baru Lucas Papademos.

Pemogokan anti-pemotongan anggaran selama 24 jam di Yunani hari Kamis diperkirakan akan menghentikan angkutan umum, menutup sekolah-sekolah dan mengurangi pekerja di rumah-rumah sakit.

Pemogokan itu, yang mencakup rapat umum protes oleh serikat buruh di ibukota Athena, merupakan tantangan pertama bagi pemerintah koalisi Perdana Menteri baru Lucas Papademos.

Rabu malam, staff Papademos mengeluarkan surat yang ia telah kirim kepada Uni Eropa, Bank Sentral Eropa, dan Dana Moneter Internasional, yang menjanjikan pelaksanaan langkah penghematan untuk memperoleh dana talangan.

Dalam surat itu, Papademos menyatakan pemerintah Yunani bertekad untuk meneruskan proses konsolidasi fiskal dan reformasi struktural demi memperoleh pinjaman negara dan meningkatkan daya saing internasional negara itu.

Hari Selasa, setelah menerima surat Papademos, para pemimpin Uni Eropa menyetujui pengucuran hampir 11 milyar dolar dana talangan.

Berdasarkan persetujuan baru yang dicapai dengan para pemimpin Eropa bulan Oktober, Yunani dapat menerima sampai 174 milyar dolar dana talangan dan kemungkinan sebagian hutang obligasinya dikurangi.

Persyaratan dana talangan tambahan itu mengharuskan pemerintah Yunani melaksanakan langkah penghematan, antara lain, pengurangan besarnya angkatan kerja dan gaji.

XS
SM
MD
LG