Tautan-tautan Akses

Hasil Jajak Pendapat Tunjukkan Ketatnya Persaingan dalam Pemilu di Jerman


Kanselir Jerman Angela Merkel berdiri di depan bus kampanyenya sebelum berlangsungnya rapat partai konservatif Jerman (CDU) di Berlin (16/9).

Kanselir Jerman Angela Merkel berdiri di depan bus kampanyenya sebelum berlangsungnya rapat partai konservatif Jerman (CDU) di Berlin (16/9).

Partai konservatif Jerman yang dipimpin Kanselir Angela Merkel dan mitra-mitra koalisinya mulai berkampanye, Jumat (20/9).

Jajak pendapat di Jerman menunjukkan bahwa pemilu di negara tersebut akan berlangsung ketat. Kanselir Angela Merkel diunggulkan untuk memenangkan masa jabatan ketiga dalam pemilu hari Minggu, tetapi harapan untuk mempertahankan koalisi dengan Partai Demokrat Bebas yang pro-pasar belum dapat dipastikan.

Televisi ZDF yang melakukan jajak pendapat hari Rabu dan Kamis melaporkan bahwa keunggulan koalisi hanya satu persen atas oposisi.

Partai Demokrat Bebas berusaha merebut suara dari para pendukung Merkel setelah kalah dalam pemilihan legislatif negara bagian Bavaria akhir pekan yang lalu. Dalam jajak pendapat nasional, Partai Demokrat Bebas memperoleh sekitar lima persen dukungan yang diperlukan untuk mempertahankan kursi dalam parlemen.

Jika koalisi kehilangan mayoritas, diperkirakan akan terjadi koalisi besar antara partai Merkel dan Partai Demokrat Sosial.

Jajak pendapat ZDF menunjukkan 40 persen dukungan untuk partai konservatif, 27 persen untuk Partai Demokrat Sosial, dan 5,5 persen untuk Partai Demokrat Bebas.
XS
SM
MD
LG