Tautan-tautan Akses

Jerman Puji Langkah Penghematan Yunani


Menteri Keuangan Jerman Wolfgang Schaeuble (kanan) melakukan pembicaraan dengan PM Yunani Antonis Samaras di Athena (18/7).

Menteri Keuangan Jerman Wolfgang Schaeuble (kanan) melakukan pembicaraan dengan PM Yunani Antonis Samaras di Athena (18/7).

Menteri Keuangan Jerman Wolfgang Schaeuble memuji usaha-usaha penghematan Yunani dan terkesan dengan bagaimana Yunani memodernisasi ekonominya.

Menteri Keuangan Jerman Wolfgang Schaeuble memuji usaha-usaha penghematan yang dilakukan Yunani, namun mengatakan, negara itu tidak miliki jalan pintas yang menyenangkan untuk memangkas utang dan tingkat penganggurannya yang tinggi.

Schaeuble, salah seorang penyokong terkemuka untuk reformasi keuangan yang keras di Athena, mengatakan Kamis, ia sangat terkesan dengan bagaimana Yunani memodernisasi ekonominya dan menjanjikan investasi Jerman senilai 131 juta dolar di sebuah bank pembangunan bisnis Yunani.

Namun Schaeuble mengatakan, Yunani yang dililit utang tidak memiliki cara lain selain melakukan reformasi struktural dan fiskal untuk mengakhiri resesi yang telah berlangsung enam tahun.

Keamanan berlangsung ketat di Yunani ketika menteri keuangan Jerman itu melakukan kunjungan pertamanya ke ibukota Yunani itu sejak krisis keuangan terjadi empat tahun lalu. Banyak warga Yunani menyalahkan Schaeuble dan Kanselir Jerman Angela Merkel atas situasi buruk di negara itu, di mana lebih dari seperempat pekerja di negara itu kehilangan pekerjaan.

Suratkabar-suratkabar Yunani mengolok-olok Schaeuble, di mana satu diantara mereka menggambarkannya sebagai "penghancur” yang akan melindas pegawai pemerintah di jalur kereta.
XS
SM
MD
LG