Tautan-tautan Akses

Hari Bumi Dirayakan di Meksiko dengan Persembahan kepada Ibu Pertiwi


Foto ilustrasi yang menunjukkan seorang pria menggunakan tas kain untuk membawa belanjaannya di Mexico City, Rabu, 1 Januari 2020. (Foto: AP/Rebecca Blackwell)
Foto ilustrasi yang menunjukkan seorang pria menggunakan tas kain untuk membawa belanjaannya di Mexico City, Rabu, 1 Januari 2020. (Foto: AP/Rebecca Blackwell)

Untuk merayakan Hari Bumi, sejumlah kelompok yang berdedikasi untuk melestarikan budaya mereka, melakukan persembahan kepada Ibu Pertiwi di Mexico City pada Minggu (21/4).

Hari Bumi diperingati setiap tahun pada 22 April. Kampanye global tahun ini berfokus pada penghentian penggunaan plastik.

Upacara hari Minggu di Mexico City itu dimulai dengan tarian Tlaloc, Dewa Hujan.

Asunción Cayetano López, seorang peserta upacara, mengatakan penting untuk meminta maaf kepada Ibu Pertiwi karena manusia sejauh ini mengabaikan dan mencemari bumi.

“Sebagian dari kami datang untuk berterima kasih dan meminta maaf atas apa yang kita semua, umat manusia, lakukan,” katanya.

Peserta lain, Luis Javier Aguilar, mengaku telah berpartisipasi dalam upacara tersebut sejak 1996. Ia mengatakan upacara itu adalah tentang "berterima kasih kepada bumi atas semua yang diberikan kepada kita. Dan yang terpenting, kata Aguilar, meminta Bumi untuk terus memberi dan menjaga kita."

Program Lingkungan PBB (UNEP) melaporkan bahwa manusia menghasilkan 400 juta ton sampah plastik setiap tahun. Untuk itu, “Planet vs Plastic” atau Planet (Bumi) Melawan Plastik, menjadi tema Hari Bumi tahun ini guna mendorong pengurangan produksi plastik sampai sebanyak 60% pada 2040.

UNEP juga menyebutkan bahwa satu juta botol plastik dibeli setiap menit. Lima triliun kantong plastik digunakan setiap tahun. Dan setengah dari produksi semua plastik dirancang untuk sekali pakai. [ka/rs]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG