Tautan-tautan Akses

Gunung Sinabung Meletus Lagi


Gunung Sinabung di Sumatra Utara saat meletus pada 7 Januari lalu difoto dari desa Tiga Serangkai, Kabupaten Karo, Sumatra utara (Foto: dok). Sinabung kembali meletus hari Kamis (26/5).

Gunung Sinabung di Sumatra Utara saat meletus pada 7 Januari lalu difoto dari desa Tiga Serangkai, Kabupaten Karo, Sumatra utara (Foto: dok). Sinabung kembali meletus hari Kamis (26/5).

Gunung Sinabung di Sumatra Utara meletus kembali hari Kamis (26/5), dengan menyemburkan abu vulkanik ke angkasa.

Hendra Gunawan, pakar gunung berapi di pos pengamatan Sinabung di Brastagi, mengatakan aktivitas seismik gunung itu masih tinggi dan ada kemungkinan meletus lagi.

Ia mengatakan aktivitas Sinabung sempat tinggi selama dua hari belakangan, ditandai oleh gempa berfrekuensi rendah dan hibrida yang hingga kini masih berfluktuasi. Hendra menambahkan risiko ancaman meletus tetap tinggi karena hanya dengan sedikit gempa saja sudah dapat menimbulkan letusan.

Desa Sukandebi yang berjarak enam kilometer dari Sinabung, terimbas oleh letusan terbaru gunung berapi itu

Sebagian warganya, kebanyakan perempuan dan anak-anak telah meninggalkan kawasan itu, tetapi banyak di antara warga lelaki yang tetap bertahan untuk mengurus rumah dan ternak mereka.

Pihak berwenang memantau ketat Sinabung setelah menetapkan tingkat kesiagaan tertinggi pada Juni 2015. Letusan Sabtu lalu menewaskan tujuh warga desa yang sedang mengurus ladang mereka di dekat Sinabung.

Gunung setinggi 2.600 meter di Kabupaten Karo itu tidak aktif selama empat abad sebelum meletus lagi pada Agustus 2010.

Gunung Sinabung termasuk di antara lebih dari 120 gunung berapi yang aktif di Indonesia, yang rawan terhadap guncangan bumi karena letaknya di “Lingkaran Api” Pasifik, deretan berbentuk busur gunung berapi dan garis retak bumi yang melingkari Samudera Pasifik. [uh/ab]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG