Tautan-tautan Akses

Gunung Sinabung Kembali Meletus


Gunung Sinabung mengepulkan asap dan lava dalam letusan yang terlihat dari desa Tiga Serangkai di kabupaten Karo, Sumatera Utara, Januari 2016.

Gunung Sinabung mengepulkan asap dan lava dalam letusan yang terlihat dari desa Tiga Serangkai di kabupaten Karo, Sumatera Utara, Januari 2016.

BNPB melaporkan bahwa abu menuruni lereng sampai sejauh 4,5 kilometer ke arah barat dan masuk ke sungai.

Gunung Sinabung di Sumatera Utara kembali mengepulkan awan abu panas hari Sabtu (21/5), yang menewaskan tiga warga desa dan melukai empat orang lainnya, menurut seorang pejabat.

Sinabung memuntahkan abu vulkanis sampai setinggi 3 kilometer ke angkasa, kata juru bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho. Ia mengatakan abu menuruni lereng sampai sejauh 4,5 kilometer ke arah barat dan masuk ke sungai.

Gunung setinggi 2,6 kilometer itu telah stagnan selama empat abad sebelum meletus kembali bulan Agustus tahun 2010, menewaskan dua orang dan memaksa 30 ribu orang mengungsi. Letusan bulan Februari 2014 menewaskan enam orang.

Semua korban letusan hari Sabtu sedang bekerja di ladang di desa Gamber, kira-kira 4 kilometer jauhnya dari lereng atau dalam daerah bahaya.

Gunung Sinabung termasuk di antara lebih dari 120 gunung berapi yang aktif di Indonesia, yang rawan terhadap guncangan bumi karena letaknya di “Lingkaran Api” Pasifik, deretan berbentuk busur gunung berapi dan garis retak bumi yang melingkari Samudera Pasifik. [gp]

XS
SM
MD
LG