Tautan-tautan Akses

Gempa Kuat Kembali Guncang Italia Tengah


Kota Amatrice di Italia Tengah kembali diguncang dua gempa susulan kuat hari Jumat (26/8).

Kota Amatrice di Italia Tengah kembali diguncang dua gempa susulan kuat hari Jumat (26/8).

Setelah dilanda gempa bumi yang mengguncang kawasan di sekitarnya hari Rabu, kota Amatrice di Italia Tengah kembali diguncang dua gempa susulan yang kuat hari Jumat (26/8).

Gempa-gempa susulan, masing-masing berkekuatan 4,3 dan 4,7, menimbulkan kerusakan yang semakin parah pada bangunan-bangunan serta kepulan asap, sehingga memicu kepanikan di kota itu.

Sejak gempa pertama melanda Amatrice Rabu dini hari, kota itu telah mengalami lebih dari 500 gempa susulan, sebagian besar relatif ringan.

Sementara itu, para pejabat perlindungan sipil telah merevisi jumlah korban tewas akibat gempa hari Rabu yang berkekuatan 6,2 menjadi 267 orang, kebanyakan di Amatrice, Arqueta dan Accumoli, kota-kota yang paling parah dilanda gempa. Hampir 400 orang dirawat di rumah sakit karena luka-luka mereka, sebut Departemen Perlindungan Sipil Italia.

Di antara korban tewas, setidaknya 12 orang adalah warga asing yang sedang bepergian ke Italia. Tiga di antaranya berasal dari Inggris, enam dari Romania, dan masing-masing satu orang dari Spanyol, Kanada dan El Salvador.

Pihak berwenang menyatakan mereka memperkirakan akan mengumumkan lebih banyak lagi korban tewas sementara operasi pencarian dilanjutkan. Sejauh ini, lebih dari 200 orang berhasil dikeluarkan hidup-hidup dari timbunan reruntuhan. Para petugas penyelamat yang dibantu anjing-anjing pelacak menggali rumah-rumah yang runtuh untuk mencari penyintas lainnya. [uh]

XS
SM
MD
LG