Tautan-tautan Akses

Gempa Kuat Guncang Italia Tengah, Lebih dari 73 Tewas


Petugas medis mengangkut korban luka-luka akibat gempa di Pescara del Tronto, Italia tengah, Rabu (24/8).

Petugas medis mengangkut korban luka-luka akibat gempa di Pescara del Tronto, Italia tengah, Rabu (24/8).

Sebuah gempa bumi kuat mengguncang Italia tengah Rabu (24/8) pagi, mengakibatkan kerusakan hebat di kawasan dekat pusat gempa dan menewaskan sedikitnya 73 orang.

Jumlah korban tewas akibat gempa itu kemungkinan bertambah, sementara tim penyelamat sampai di rumah-rumah di dusun terpencil yang hancur lebur “seperti dalam film Dante’s Inferno,'' ujar seorang saksi. Yang memperburuk situasi adalah, daerah itu tempat liburan populer pada musim panas, seperti sekarang di mana jumlah penduduk bertambah, sehingga semakin sulit memperkirakan jumlah orang di daerah tersebut.

“Kota ini binasa,'' ujar Sergio Pirozzi, walikota Amatrice. “Saya yakin jumlah yang tewas akan naik.''

Gempa berkekuatan 6 pada skala Richter itu terjadi pukul 03:36 pagi dan dirasakan di seluruh wilayah Italia tengah yang luas, termasuk Roma, di mana penduduk terbangun akibat guncangan panjang diikuti gempa susulan. Gempa itu mengguncang wilayah Lazio serta Umbria dan Le Marche di pantai Adriatik.

Perdana Menteri Matteo Renzi meninjau kawasan bencana hari Rabu dan menjanjikan kepada daerah yang telah menderita gempa berkali-kali itu bahwa “Tidak ada keluarga, tidak ada kota, dan tidak ada dusun yang akan diabaikan.''

Kota-kota yang paling parah terimbas gempa adalah kota kecil Amatrice dan Accumoli dekat Rieti, sekitar 100 kilometer timur laut Roma, dan Pescara del Tronto sekitar 25 kilometer lebih jauh ke timur.

Badan perlindungan sipil Italia, yang mengoordinasi penyelamatan, mengatakan jumlah korban sementara adalah 73 tewas, ratusan terluka dan ribuan membutuhkan penampungan sementara. Namun, ditekankan, jumlah korban diperkirakan akan bertambah.

Pusat kota Amatrice hancur. Seluruh blok bangunan hancur dan udara pekat dengan debu dan bau gas yang kuat. Amatrice, kota asal merek saus spaghetti yang terkenal, all'amatriciana, terdiri atas 69 dusun yang sedang diupayakan dicapai tim penyelamat.

“Kami membutuhkan gergaji dan alat pemotong jeruji besi, dongkrak untuk mengangkat balok-balok, apa saja, kami membutuhkan semuanya,'' ujar pekerja perlindungan sipil Andrea Gentili kepada kantor berita the Associated Press. Asosiasi nasional donor darah Italia memohon sumbangan darah untuk rumah sakit Rieti.

Tetapi hanya beberapa kilometer ke utara, di Illica, respons terasa lebih lambat sementara penduduk dengan cemas menanti orang-orang yang mereka cintai dikeluarkan dari puing-puing.

Dinas geologi Italia mengukur kekuatan gempa 6,0. Survei Geologi Amerika melaporkan 6,2 dengan pusat gempa terletak di Norcia, sekitar 170 kilometer sebelah timur laut Roma, dan dengan kedalaman relatif dangkal, 10 kilometer.

Paus Fransiskus hari Rabu membatalkan rutinitas keagamaannya dan menggantinya dengan mengajak peziarah di Lapangan Santo Petrus untuk berdoa bersamanya. [ka/ds]

XS
SM
MD
LG