Tautan-tautan Akses

AS

Ford, Chrysler Tarik Ratusan Ribu Mobil untuk Perbaiki Kerusakan


Mobil Ford jenis C-Max, yang memiliki kesalahan piranti lunak sehingga kantong udara tidak berfungsi jika mobil terguling.

Mobil Ford jenis C-Max, yang memiliki kesalahan piranti lunak sehingga kantong udara tidak berfungsi jika mobil terguling.

Tarik ratusan ribu mobil dari pasar Amerika Utara, Ford dan Chrysler mengatakan tidak ada kecelakaan atau korban luka-luka yang dilaporkan.

Ford menarik lebih dari 692.000 SUV kecil Escape dan C-Max model hibrida listrik-bensin dari pasar Amerika Utara, untuk memperbaiki dua permasalahan pada kendaraan-kendaraan itu. Penarikan ini meliputi model 2013 dan 2014.

Sekitar 65.000 mobil yang ditarik adalah model C-Max, dan sisanya model Escape, keduanya ditarik dari pasar di Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko. Kemungkinan ada sejumlah mobil lagi yang terkena dampak di negara lain, kata perusahaan itu.

Masalah pertama ada kesalahan piranti lunak yang menyebabkan kantong udara tidak berfungsi jika mobil terguling. Ford mengatakan belum ada laporan kecelakaan atau korban cedera karena masalah ini. Para penjual akan memprogram ulang komputer pengendalian kantong udara secara cuma-cuma.

Masalah kedua terkait jenis Escape, dengan gerendel pintu luar yang bisa macet dan menyebabkan pintu tidak tertutup dengan sempurna, sehingga pintu dapat terbuka saat mobil jenis SUV itu melaju.

Tidak ada kecelakaan atau korban luka-luka yang dilaporkan.

Sementara itu, Chrysler menarik 780.000 minivan untuk mengganti tombol jendela yang bisa mengalami arus pendek dan panas tinggi jika dalam keadaan lembab.
Chrysler mengatakan Jumat (9/5) mereka menemukan 36 kasus berkaitan dengan tombol minivan yang gagal berfungsi, namun tidak mengetahui apakah ada kecelakaan atau luka-luka yang terkait.

Tombol ini, yang terdapat pada pintu kemudi, dapat mengalami arus pendek karena kelembaban yang disebabkan hujan, salju, jika mobil sedang dicuci, atau juga dari tumpahan air minum yang terkena tombol. Penarikan meliputi model tertentu keluaran 2010 hingga 2014 yaitu minivan Dodge Grand Caravan dan Chrysler Town & Country.

Chrysler akan membayar penggantian tombol itu, namun konsumen bisa memutuskan sendiri sambungan tombol, untuk sementara waktu.

Chrysler juga mengatakan Jumat bahwa akan melakukan penarikan terhadap 4.141 Fiat bertenaga listrik untuk mencegah kebocoran pada tanki air pendingin yang bisa mengakibatkan mobil kehilangan tenaganya.
XS
SM
MD
LG