Tautan-tautan Akses

DK PBB Kecam Keras Peluncuran Misil Korea Utara


Sidang DK PBB membahas peluncuran misil Korut (foto: dok).
Sidang DK PBB membahas peluncuran misil Korut (foto: dok).

DK PBB hari Kamis (20/4) mengecam keras uji misil balistik terakhir Korea Utara dan menuduh Pyongyang meningkatkan ketegangan di kawasan.

Korea Utara Sabtu lalu mencoba namun gagal meluncurkan sebuah misil dari pangkalannya di Sinpo, di lepas pesisir timurnya, yang merupakan bagian dari rangkaian uji misil yang melanggar sanksi PBB terhadap Korea Utara.

Dalam pernyataannya, anggota-anggota DK PBB mengungkapkan keprihatinan mereka yang besar dengan perilaku yang sangat tidak stabil dan pembangkangan mereka yang menyolok serta provokatif terhadap sanksi-sanksi PBB.

Anggota-anggota DK PBB sepakat bahwa “DK akan secara cermat memantau situasi dan mengambil langkah-langkah lebih jauh termasuk pemberlakuan sanksi, sesuai dengan tekad DK,” kata pernyataan itu.

Pernyataan itu juga menyambut gembira upaya internasional untuk menemukan sebuah solusi damai dan menyeluruh lewat dialog.

Dalam kunjungannya ke Korea Utara minggu ini, Wapres Mike Pence mengatakan, masyarakat internasional, dan khususnya China, harus melakukan tekanan diplomatik dan ekonomi lebih besar sehingga Korea Utara mau melucuti senjata dan misil nuklirnya. [jm]

Recommended

XS
SM
MD
LG