Tautan-tautan Akses

Diplomat Senior Birma Membelot ke Amerika


Penguasa militer Birma makin memperkokoh cengkeraman untuk meredam oposisi pro-demokrasi.

Penguasa militer Birma makin memperkokoh cengkeraman untuk meredam oposisi pro-demokrasi.

Diplomat itu mengkonfirmasi permintaan suakanya di Amerika lewat telepon kepada wartawan VOA Birma di Washington.

Seorang diplomat senior Birma mengumumkan membelot ke Amerika, dan mengatakan ia telah kehilangan harapan bahwa para pemimpin negaranya akan melakukan perubahan demokratis dalam waktu dekat.

Kyaw Win, pejabat tertinggi kedua di kedutaan besar Birma di Washington, mengatakan dalam surat tertanggal 4 Juli kepada Menteri Luar Negeri Hillary Clinton bahwa berbagai upayanya mendorong reformasi mendapat penolakan dan ia takut akan menghadapi tuntutan hukum jika kembali ke Birma.

Kyaw Win mengatakan, ia sebelumnya berharap militer Birma akan melonggarkan cengkeramannya atas negara itu, namun kenyataannya para pejabat militer memperkokoh cengkeraman mereka pada kekuasaan dan berusaha meredam suara-suara mereka yang menghendaki demokrasi.

Ia juga mendesak pemerintah Amerika untuk mempertahankan berbagai sanksi ekonomi atas para pemimpin Birma dan kroni-kroni bisnis mereka, serta menyerukan dibentuknya dewan internasional untuk menyelidiki berbagai pelanggaran HAM di Birma.

Diplomat itu mengkonfirmasi pengunduran diri dan permintaan suakanya di Amerika lewat telepon kepada wartawan VOA Birma di Washington.

XS
SM
MD
LG