Tautan-tautan Akses

BBC Siarkan Ceramah Aung San Suu Kyi


Pemimpin pro-demokrasi Birma, Aung San Suu Kyi

Pemimpin pro-demokrasi Birma, Aung San Suu Kyi

Aung San Suu Kyi membandingkan demonstrasi Arab Spring di Timur Tengah dengan perkembangan demonstrasi di Birma.

British Broadcasting Corporation (BBC) mengatakan aktivis demokrasi Birma Aung San Suu Kyi akan membandingkan demonstrasi Arab Spring dengan perkembangan di negaranya sendiri dalam ceramah yang akan diudarakan melalui BBC mulai hari Selasa.

BBC mengatakan kedua ceramah itu difilmkan secara rahasia di Birma dan diselundupkan ke Inggris, di mana film tersebut diputar di hadapan penonton dalam studio di London. Hasilnya akan disiarkan tanggal 28 Juni dan 5 Juli.

BBC mengatakan bahwa dalam ceramah pertama, yang berjudul Liberty, Aung San Suu Kyi membandingkan pembakaran diri yang menyulut revolusi di Tunisia bulan Desember dengan tewasnya seorang mahasiswa Birma dalam demonstrasi protes tahun 1988.

Dalam transkripsi ceramah tersebut yang dimuat dalam suratkabar Times of London, pemenang hadiah Nobel itu menyebut pergolakan Timur-Tengah memberi inspirasi kepada rakyat Birma dan mengatakan, “Kami di Birma cemburu melihat revolusi yang cepat dan mudah di Mesir.” Ceramah kedua berjudul “Dissent.”

XS
SM
MD
LG