Tautan-tautan Akses

China Tangkap Anggota Keluarga Aktivis Internet


Aktivis Internet China, Wen Yunchao.
Aktivis Internet China, Wen Yunchao.

Penangkapan ini adalah bagian dari upaya untuk mengetahui siapa penulis surat terbuka yang menyerukan pengunduran Presiden Xi Jinping.

Seorang aktivis Internet terkemuka China yang kini tinggal di New York mengatakan pihak berwenang di China telah menangkap tiga anggota keluarganya di bagian selatan negara itu, sebagai bagian dari upaya untuk mengetahui siapa penulis surat terbuka yang menyerukan pengunduran Presiden Xi Jinping.

Wen Yunchao mengatakan kedua orang tua dan adiknya hilang sejak Selasa (21/3), beberapa hari setelah ia mengatakan bahwa pemerintah telah melecehkan keluarganya karena curiga bahwa dirinyalah yang menyebarluaskan surat terbuka tersebut.

Wen, seorang pengecam kritis pemerintah Beijing, menyangkal terlibat dalam pembuatan atau penyebarluasan surat itu, dan mengatakan ia hanya mengaitkan surat itu dengan akun Twitternya setelah surat itu diterbitkan di China.

Surat terbuka yang dipasang oleh Wujie News pada 4 Maret lalu, bertepatan dengan hari pertama pertemuan tahunan para pejabat tinggi China. Dalam surat itu, Xi dipersalahkan atas “persoalan-persoalan yang belum pernah terjadi sebelumnya di China” dan mendesak ia mengundurkan diri sesegera mungkin.

Wartawan kedua di China, yang diidentifikasi sebagai penulis lepas Jia Jia, dilaporkan hilang dari bandara Beijing hari Selasa ketika ia berupaya terbang ke Hong Kong.

Kuasa hukumnya mengatakan kepada kantor-kantor berita Barat bahwa polisi “membawa” kolumnis itu setelah ia mengingatkan wartawan-wartawan lain supaya tidak mempublikasikan surat tersebut.

Dua editor dan dua teknisi dari situs itu juga dilaporkan telah ditangkap.

Beberapa analis mengatakan meluasnya penyelidikan polisi menunjukkan bahwa tim penyelidik belum bisa menemukan sumber surat terbuka tersebut dan berada di bawah tekanan untuk bisa segera menemukannya.

Surat yang ditandatangani oleh ‘’Anggota-Anggota Setia Partai Komunis’’ itu telah disebarluaskan melalui surat elektronik. [em]

XS
SM
MD
LG