Tautan-tautan Akses

China Larang Siaran Langsung Anugerah Film Hong Kong


Acara Festival Film Hong Kong bulan April tahun lalu (foto: dok).

Acara Festival Film Hong Kong bulan April tahun lalu (foto: dok).

Media pemerintah China berencana memboikot penganugerahan hadiah Festival Film Hong Kong bulan April mendatang.

Media pemerintah China berencana memboikot upacara penganugerahan hadiah dalam Festival Film Hong Kong bulan April mendatang, konon karena film bermotif politik “10 Years” yang telah dinominasikan akan meraih film terbaik.

Ketua Asosiasi Anugerah Film Hong Kong Derek Yee memastikan bahwa CCTV dan media online raksasa di China daratan “Tencent” menolak menyiarkan upacara tahunan ke-35 yang dijadwalkan berlangsung tanggal 3 April, setelah keduanya mendapatkan hak siaran langsung atas acara itu. “Tencent” bahkan telah menandatangani kontrak dan memberikan uang muka.

Menurut beberapa laporan media, kantor keamanan di Beijing telah mengeluarkan perintah pemblokiran film “10 Years” – sebuah film independen yang menunjukkan lima segmen fiktif dalam kehidupan Hong Kong yang suram pada tahun 2025, setelah 10 tahun berada dalam kendali China. Media lain yang juga dikendalikan oleh China “Global Times” mengecam film itu sebagai “sangat konyol” dan “ mendorong rasa keputus-asaan.”

Menurut beberapa laporan, China daratan juga akan melarang siaran langsung anugerah film Golden Horse 2016 di Taiwan, pasca terpilihnya Presiden Tsai Ingwen – pemimpin Partai Demokratik Progresif yang pro kemerdekaan Taiwan.

Namun komite eksekutif anugerah film Taiwan itu mengatakan belum mendengar tentang larangan tadi dan masih mengadakan pembicaraan dengan media internet di China daratan tentang kontrak penyiaran acara itu.

Beberapa analis di Hong Kong mengecam larangan China itu sebagai "tidak membantu memenangkan perhatian dan simpati rakyat’’.

Menteri Kebudayaan Taiwan Hong Mengqi hari Senin (22/2) menyerukan Beijing untuk lebih percaya diri , tidak campur tangan dengan urusan pertukaran budaya antar kedua negara, dari sudut padang ideologis.

Ditambahkannya Taiwan Golden Horse selalu menyajikan semangat keterbukaan dan kebebasan, dan kebijakan-kebijakan China tidak akan mengubah itu. Hanya dengan kebebasan, ada kreatifitas dan hasil kerja yang baik, tegas Hong Mengqi.

CCTV di China Daratan telah menyiarkan secara langsung pemberian hadiah festival film Golden Horse Taiwan sejak tahun 2001. [em/ii]

XS
SM
MD
LG