Tautan-tautan Akses

Pemimpin India-China Bahas Perdagangan di Brazil


PM India Narendra Modi (kiri) dan Presiden China Xi Jinping bertemu di Fortaleza, Brazil hari Selasa (15/7).

PM India Narendra Modi (kiri) dan Presiden China Xi Jinping bertemu di Fortaleza, Brazil hari Selasa (15/7).

PM India Narendra Modi dan Presiden China Xi Jinping bertemu selama 80 menit hari Selasa (15/7) di Fortaleza, Brazil menjelang pertemuan BRICS.

Pemimpin dari kedua negara berpenduduk terbanyak di dunia – India dan China – bertemu untuk pertama kalinya hari Selasa dan berjanji meningkatkan perdagangan bilateral dan menyelesaikan sengketa perbatasan yang sudah berlarut-larut.

PM India Narendra Modi dan Presiden China Xi Jinping bertemu selama 80 menit hari Selasa (15/7), tidak lama setelah tiba di Fortaleza, Brasil, untuk pertemuan BRICS.

Jurubicara kementerian luar negeri India Syed Akbarudding mengatakan kedua pemimpin itu membahas kerjasama infrastruktur dan peningkatan perdagangan bilateral.

Akbaruddin mengatakan Presiden Xi “menyadari harus ada pendekatan perdagangan yang lebih berimbang agar hubungan bisa berkesinambungan.”

Perdagangan bilateral antar kedua negara naik menjadi 66 miliar dollar tahun 2012 dan ditargetkan menjadi 100 miliar dollar tahun 2015. India mengeluhkan defisit perdagangan dan menginginkan akses yang lebih besar ke pasar China.

Keduanya juga membahas isu perbatasan. PM Modi menegaskan perlunya solusi untuk mempertahankan perdamaian dan ketertiban disepanjang perbatasan India-China.

Serangkaian perundingan antar kedua negara telah gagal menetapkan perbatasan kendali di kawasan yang pernah menjadi lokasi perang antara kedua negara itu tahun 1962.

XS
SM
MD
LG