Tautan-tautan Akses

China-Belanda Tanda Tangani Perjanjian Perdagangan


Presiden China Xi Jinping dan isteri tiba di Belanda untuk melakukan lawatan kenegaraan (22/3).

Presiden China Xi Jinping dan isteri tiba di Belanda untuk melakukan lawatan kenegaraan (22/3).

China dan Belanda hari Minggu (23/3) menandatangani perjanjian perdagangan di mana para produsen susu Belanda berjanji akan membantu produsen China menaikkan kualitas dan kuantitas susu mereka.

Perjanjian yang ditandatangani hari Minggu (23/3) dalam sebuah upacara di kediaman resmi Perdana Menteri Belanda Mark Rutte di Den Haag ini merupakan langkah lain China untuk merehabilitasi reputasi industri produk susu-nya setelah skandal produk susu tercemar.

Perjanjian ini merupakan bagian dari sejumlah perjanjian perdagangan pada hari kedua lawatan kenegaraan Presiden China Xi Jinping ke Belanda.

Tahun 2008 beberapa merk susu China didapati tercemar bahan kimia melamin, yang bisa menyebabkan kerusakan ginjal dan organ lainnya. Beberapa pemasok menambahkan melamin untuk menipu uji kadar protein dan keenceran susu.

Produk-produk susu impor seperti susu bayi memiliki reputasi keamanan yang baik di China, dengan harga yang jauh lebih tinggi dibanding susu buatan lokal.

Pemerintah Belanda dalam sebuah pernyataan mengatakan pakar-pakarnya akan membantu China meningkatkan produksi susu tahunan menjadi 40 milyar kilogram dalam beberapa tahun mendatang.

Setelah mengadakan pertemuan dengan Perdana Menteri Mark Rutte, Presdien Xi Jinping berbicara pada sebuah konferensi bisnis di kota Noordwijk sebelum mengunjungi taman bunga terkenal “Keukenhof” di mana istrinya – ibu negara Peng Liyuan – meresmikan bunga tulip jenis baru yang dinamakan “Cathay”.

Setelah kunjungan kenegaraan resmi berakhir, Xi Jinping akan mengikuti KTT Keamanan Nuklir di Den Haag hari Senin, dan kemudian bertolak ke Perancis, Jerman dan Belgia akhir pekan mendatang.
XS
SM
MD
LG