Tautan-tautan Akses

China Bebaskan Pengusaha AS yang Ditahan


Hu Zhicheng, pengusaha AS dibebaskan oleh China (foto: dok).

Hu Zhicheng, pengusaha AS dibebaskan oleh China (foto: dok).

Seorang pengusaha AS yang ditahan di China selama lima tahun menyusul sebuah sengketa bisnis telah diizinkan kembali pulang, beberapa hari sebelum sebuah KTT AS-China berlangsung.

Istri Hu Zhicheng mengatakan, ia bersyukur atas kepulangan suaminya yang tak terduga. Ia mengatakan, suaminya tiba di bandara internasional Los Angeles dari China Senin malam.

Hu, yang menjadi warga Amerika lewat proses naturalisasi, pindah ke negeri asalnya pada 2004. Ia merupakan insinyur yang disegani dan inventor di bidang konverter katalis yang digunakan untuk membatasi polusi kendaraan.

Pada 2008, Hu dipenjarakan selama 17 bulan setelah dituduh pesaingnya melakukan pencurian rahasia dagang. Meski tuduhan itu belakangan dicabut, dan ia dibebaskan, para pejabat imigrasi berulangkali menolak kepergiannya dari negeri itu dengan alasan ia masih dicari polisi.

Alasan pembebasannya tidak jelas namun terjadi menjelang pertemuan antara presiden Amerika Barack Obama dan Presiden China Xi Jinping di California.

China kadang-kadang membebaskan tahanan dan membuat konsesi HAM kecil-kecilan menjelang dialog-dialog semacam itu dalam usaha menggalang dukungan Washington.
XS
SM
MD
LG