Tautan-tautan Akses

24 Tahun Insiden Tiananmen, China Perketat Sensor dan Keamanan


Pemerintah China memperketat keamanan di sekitar Lapangan Tiananmen di Beijing dalam peringatan 24 tahun insiden Tiananmen (4/6).

Pemerintah China memperketat keamanan di sekitar Lapangan Tiananmen di Beijing dalam peringatan 24 tahun insiden Tiananmen (4/6).

China memperingati genap 24 tahun penindakan berdarah di Lapangan Tiananmen, dengan meningkatkan sensor terhadap situs internet dan pengamanan ketat di Beijing.

Pihak berwenang China setiap tahun bekerja keras untuk mencegah peringatan dan larangan diskusi umum penindasan militer yang kejam tanggal 4 Juni tahun 1989, yang mengakhiri demonstrasi pro-demokrasi berminggu-minggu.

Hari Jumat, polisi di Lapangan Tiananmen dan daerah terkenal lain berjaga-jaga akan kemungkinan protes. Banyak aktivis sudah ditahan, dikenakan tahanan rumah, atau dipantau dengan seksama menjelang ulang tahun yang peka itu.

Sensor Pemerintah China juga bekerja keras untuk menghapus kata-kata yang menyebut insiden itu dalam media sosial. Pada media Sina Weibo yang seperti Twitter dan populer, pencarian semua istilah yang berhubungan dengan Tiananmen telah diblok. Media itu bahkan menghapuskan gambar lilin yang digunakan banyak orang sebagai lambang malam berjaga digital.

Dalam usaha mengelakkan pembatasan itu, banyak warga China memuat gambar-gambar lilin atau dengan cara yang sinis disebut 35 Mei, bukan 4 Juni – istilah pencarian yang juga telah diblok. Lainnya mendorong orang mengenakan pakaian hitam sebagai lambang berkabung bagi korban insiden itu.
XS
SM
MD
LG