Tautan-tautan Akses

Bruce Jenner Ungkap Identitas Baru, "Panggil Saya Caitlyn"

  • Associated Press

Bruce Jenner

Bruce Jenner

Bruce Jenner mengungkap dirinya sebagai perempuan transgender dalam edisi bulan Juli majalah Vanity Fair.

"Panggil saya Caitlyn," demikian tulis sampul majalah ini, dengan foto Jenner yang berambut panjang mengenakan korset, duduk dengan kaki bersilang. Foto ini diambil oleh fotografer ternama Annie Leibovitz. Sebelum mengungkap dirinya sebagai Caitlyn, Jenner telah mengatakan ia lebih suka disebut sebagai "he" (laki-laki), tapi editor kontributor Buzz Bissinger yang menulis kisah Jenner dalam edisi ini menyebutnya sebagai "she" (perempuan).

Jenner juga meluncurkan akun Twitter baru, dan menulis dalam tweet pertamanya, "Saya sangat bahagia setelah berjuang untuk hidup dengan diri saya sesungguhnya. Selamat datang ke dunia Caitlyn. Tak sabar untuk mengenal dia/saya." Dalam 45 menit, akun ini mengumpulkan lebih dari 180.000 pengikut.

Menurut majalah ini, Jenner berbicara dengan emosional mengenai perjalanannya mencari jati diri. "Jika saya berbaring di tempat tidur sebelum ajal menjemput dan saya punya rahasia ini dan tidak pernah berbuat apapun mengenainya, saya akan berbaring di sana dan berpikir, "Saya telah mengacaukan seluruh hidup saya."

Foto tersebut diambil di kediaman Jenner di Malibu, tak lama setelah wawancaranya selama dua jam dengan Diane Sawyer dari jaringan televisi ABC, di mana Jenner mengkonfirmasi proses transisinya dari laki-laki menjadi perempuan. Wawancara yang banyak ditunggu-tunggu itu ditayangkan pada program "20/20" pada 24 April, ditonton lebih dari 17,1 juta orang.

Bintang Olimpiade yang menikah dan kemudian bercerai dengan bintang televisi realitas dan "momager" (ibu dan manager bagi putri-putrinya) Kris Jenner tampil selama bertahun-tahun dalam "Keeping Up with the Kardashians." Jenner direncanakan tampil dalam serial dokumenter yang mengabadikan transisinya. Serial yang belum diberi judul tersebut dijadwalkan tayang di jaringan yang sama E!, pada 26 Juli.

Vanity Fair juga merilis video hitam putih mengenai proses di balik pemotretan sampul ini. Video menampilkan Jenner ditata rambut panjangnya, dan berpose dalam gaun panjang off-the-shoulder yang menampilkan belahan dada.

"Caitlyn tidak punya rahasia," ujar Jenner dalam narasi video. "Begitu sampul Vanity Fair ini terbit, saya bebas."

XS
SM
MD
LG