Tautan-tautan Akses

Mantan Pemenang Olimpiade Bruce Jenner: Saya Perempuan


Kim Kardashian dan Bruce Jenner kembali ke mobil mereka setelah makan siang di West Hollywood, California, 21 Oktober 2014. (Foto: dok.)

Kim Kardashian dan Bruce Jenner kembali ke mobil mereka setelah makan siang di West Hollywood, California, 21 Oktober 2014. (Foto: dok.)

Pemenang medali emas Olimpiade dan bintang reality TV Bruce Jenner mengatakan hari Jumat (24/4) bahwa ia melihat dirinya sebagai seorang perempuan, dan menjadikannya orang Amerika paling terkenal yang mengumumkan dirinya sebagai transgender.

Jenner yang berusia 65 tahun menyampaikan pengumuman tersebut dalam sebuah wawancara bersama Diane Sawyer yang ditayangkan di acara TV yang terkenal di ABC, hampir 40 tahun setelah ia memecahkan rekor untuk memenangkan medali emas Olimpiadi di kategori dasalomba atau decathlon.

Ketika Sawyer bertanya, "Apakah Anda seorang perempuan?'' Jenner menjawab, "Ya, demi semua maksud dan tujuan, saya perempuan.''

"Orang-orang melihat saya dengan cara yang berbeda,'' tambah Jenner. "Mereka bisa melihat saya sebagai pria yang macho, tapi hati dan jiwa saya, dan semua yang saya lakukan di hidup saya, adalah bagian dari diri saya, dan sisi feminin saya adalah bagian dari semuanya. Itulah saya.''

Dikenal oleh generasi muda sebagai kepala keluarga dari klan Kardashian di acara reality TV, Jenner tampil di acara "20/20'' yang ditayangkan oleh ABC untuk menghentikan semua spekulasi bahwa ia sedang melakukan transisi untuk menjadi perempuan.

"Secara genetik, saya tidak lahir sebagai perempuan,'' kata Jenner. "Saat ini, saya punya organ tubuh pria. Kami memang berbeda dalam berbagai hal, tapi kami masih melihat diri kami sebagai perempuan. Dan sangat sulit bagi Bruce Jenner untuk mengatakan hal itu. Kenapa? Karena saya tidak ingin mengecewakan orang-orang.''

Walaupun Jenner tidak menyebutkan preferensi kata ganti untuk dirinya, Sawyer mengatakan untuk wawancara tersebut, Jenner meminta publik menggunakan kata ganti 'him' or 'he' yang mengacu pada laki-laki."

Baik Jenner maupun perwakilannya tidak berkomentar tentang transisi yang sudah dibicarakan publik dan ditampilkan di majalah-majalah gosip, termasuk bagaimana reaksi keluarganya yang terkenal tentang transisi yang ia jalani.

Jenner mempunyai enam anak biologis dan empat anak tiri di keluarga Kardashian dari mantan istrinya Kris Jenner, manager dan ibu bintang acara reality TV "Keeping Up with the Kardashians" yang ditayangkan di E! Entertainment.

Jenner memenangkan dasalomba atau decathlon pada Olimpiade 1976 di Montreal dan memecahkan rekor dunia di mana pemenang diberikan gelar tak resmi sebagai "Atlet Terbaik Dunia" atau "World's Greatest Athlete.''

XS
SM
MD
LG