Tautan-tautan Akses

14 Tewas akibat Bom Bunuh Diri di Afghanistan


Asap mengepul pasca serangan bom bunuh diri di Lashkar Gah, Afghanistan hari Senin (10/10).

Asap mengepul pasca serangan bom bunuh diri di Lashkar Gah, Afghanistan hari Senin (10/10).

Seorang pembom bunuh diri menabrakkan kendaraan penuh bahan peledak ke markas polisi di Lashkar Gah, ibukota Helmand hari Senin (10/10).

Pembom bunuh diri menewaskan lebih dari 14 orang, sebagian besar polisi, dan melukai banyak lainnya di sebuah ibukota provinsi yang penting tapi bermasalah di Afghanistan selatan, beberapa jam setelah militan Taliban melancarkan serangan besar dan memaksa masuk ke kota itu.

Pembom itu katanya menabrakkan kendaraan penuh bahan peledak ke markas polisi di Lashkar Gah, ibukota Helmand, yang terbesar dari 34 provinsi di Afghanistan.

Pejabat kepolisian setempat menduga jumlah korban tewas akan meningkat.

Pemboman itu terjadi tak lama setelah militan Taliban menyerang Lashkar Gah dari sisi yang berbeda, menerobos ke kota yang mereka kuasai selama berminggu-minggu.

Juru bicara Kementerian Dalam Negeri Sediq Sediqqi mengukuhkan kepada wartawan di Kabul bahwa Taliban melancarkan serangan besar terhadap pos-pos keamanan di ibukota provinsi itu dan pertempuran sengit berlangsung; tapi, dia terdengar yakin bahwa pasukan keamanan Afghanistan akan segera memukul mundur para pemberontak itu.

Dalam pesan audio yang dikirim kepada wartawan, juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid mengatakan para pejuang yang maju melalui Lashkar Gah setelah menduduki "sejumlah pos pemeriksaan."

Taliban telah merebut wilayah yang signifikan di Helmand tahun ini dan pemerintah Afghanistan diyakini hanya memiliki kendali penuh di dua dari 14 kabupaten di propinsi itu. [as]

XS
SM
MD
LG