Tautan-tautan Akses

Helikopter Militer Afghanistan Jatuh, 7 Tewas


Peta Afghanistan menunjukkan kota-kota besar

Peta Afghanistan menunjukkan kota-kota besar

Tujuh orang tewas dalam sebuah helikopter militer Afghanistan yang jatuh di distrik Dand-e-Ghori di provinsi Baghlan yang dilanda konflik.

Sebuah helikopter militer jatuh di Afghanistan Utara, menewaskan seluruh tujuh orang di dalamnya.

Jurubicara Kementerian Pertahanan Dawlat Waziri mengukuhkan insiden itu, dan mengatakan tiga tentara Afghanistan dan empat awak menjadi korban.

Ia menyebut masalah teknis sebagai penyebab jatuhnya pesawat Mi17 buatan Rusia itu di distrik Dand-e-Ghori di provinsi Baghlan yang dilanda konflik. Pesawat itu sedang mengangkut pasokan untuk pasukan Afghanistan ketika jatuh.

Tetapi Taliban mengklaim anggota-anggotanya menembak jatuh helikopter itu, dan menyatakan pesawat itu sedang menuju ke sebuah markas di distrik tersebut, di mana pemberontak telah mengepung sekitar 200 tentara selama sepekan lebih.

Sukar untuk memastikan insiden itu melalui sumber-sumber independen mengenai penyebab kecelakaan itu karena ada masalah komunikasi dan kurangnya akses ke kawasan tersebut.

Pertempuran antara Taliban dan pasukan pemerintah Afghanistan telah berkecamuk di beberapa distrik di Baghlan, termasuk daerah-daerah yang berdekatan dengan ibukotanya, Pul-e-Khumri, di mana Taliban baru-baru ini berhasil merebut beberapa pos terpencil penting.

Pemberontak juga terlibat dalam bentrokan sporadis selama sepekan dengan pasukan pemerintah di ibukota provinsi Kunduz.

Para pejabat PBB menyatakan pertempuran di provinsi-provinsi di Afghanistan Utara telah mengganggu lalu lintas ke daerah tersebut dan menyebabkan listrik padam, bahan makanan langka dan komunikasi terputus dengan wilayah lainnya, serta membuat ribuan warga sipil mengungsi. [uh]

XS
SM
MD
LG