Tautan-tautan Akses

Bentrokan India-Pakistan Tewaskan Warga


Seorang prajurit India berpatroli di pagar perbatasan dengan Pakistan (foto: dok).

Seorang prajurit India berpatroli di pagar perbatasan dengan Pakistan (foto: dok).

Sedikitnya 4 penduduk desa Kashmir tewas dan beberapa luka-luka, ketika pertempuran berkobar pada malam hari, antara pasukan India dan Pakistan.

Para pejabat militer mengatakan dua dari empat korban tewas berada di dalam bagian garis perbatasan kekuasaan India dan dua di dalam bagian Perbatasan Pakistan.

Masing-masing negara saling menyalahkan satu sama lain atas berkobarnya pertempuran itu, yang masih berlangsung di beberapa tempat Sabtu pagi.

Ketegangan meningkat awal pekan ini ketika India membatalkan pembicaraan pekan depan yang telah lama-ditunggu-tunggu dengan Pakistan, dengan menyebut pertemuan di New Delhi antara duta besar Pakistan untuk India dan golongan separatis Kashmir.

Pakistan menggambarkan keputusan India untuk membatalkan pertemuan itu sebagai langkah mundur. Kashmir terbagi antara India dan Pakistan dan kedua negara mengklaim daerah Himalaya itu secara keseluruhan. Mereka telah bertempur dalam tiga perang sejak memperoleh kemerdekaan dari Inggris tahun 1947, dua dari perang itu mengenai Kashmir.

XS
SM
MD
LG