Tautan-tautan Akses

Pakistan Bela Pertemuan dengan Separatis Kashmir


Pemimpin separatis Kashmir Yasin Malik (tengah berjenggot) dalam pertemuan di Srinagar, India (19/8).

Pemimpin separatis Kashmir Yasin Malik (tengah berjenggot) dalam pertemuan di Srinagar, India (19/8).

Dubes Pakistan untuk India Rabu (20/8) membela pertemuannya dengan para pemimpin separatis Kashmir yang menurutnya pertemuan semacam itu sudah lama dilakukan.

Duta besar Pakistan untuk India membela pertemuannya dengan para pemimpin separatis Kashmir, menanggapi kecaman dari India yang lalu membatalkan pembicaraan diplomatik dengan negaranya.

Duta Besar Abdul Basit mengatakan separatis Kashmir adalah salah satu pihak dalam proses diplomatik tersebut dan pertemuan semacam itu “sudah lama” dilakukan.

India sejak dulu menuduh Pakistan mendukung kelompok-kelompok separatis, yang menyusup dari bagian Kashmir yang dikuasai Pakistan untuk melancarkan serangan.

Syed Akbarrudin, juru bicara kementerian luar negeri India, menolak melibatkan para pemimpin separatis dalam negosiasi apapun terkait kawasan yang disengketakan itu. Ia mengacu pada kesepakatan lama yang menyebutkan hanya ada dua pihak dalam isu Kashmir yaitu pemerintah India dan Pakistan.

India dan Pakistan telah tiga kali berperang sejak merdeka, termasuk dua kali terkait Kashmir.

India hari Senin membatalkan pertemuan minggu depan di Islamabad antara kementerian luar negeri kedua negara, yang sedianya membahas dibukanya lagi dialog formal.

XS
SM
MD
LG