Tautan-tautan Akses

Bentrokan Antar Kelompok di Somalia, 14 Tewas


Pasukan Somalia melakukan patroli di kota Beledweyne pasca serangan di sana (foto: dok). Milisi antar suku Somalia terlibat bentrokan di Beledweyne, Senin 19/10.

Pasukan Somalia melakukan patroli di kota Beledweyne pasca serangan di sana (foto: dok). Milisi antar suku Somalia terlibat bentrokan di Beledweyne, Senin 19/10.

Milisi antar suku yang bersaing terlibat bentrokan di kota Beledweyne, utara ibukota Mogadishu hari Senin (19/10) setelah terjadinya perselisihan terkait pemungutan pajak.

Beberapa saksi mata dan pejabat mengatakan sedikitnya 14 orang tewas dan 20 lainnya luka-luka dalam bentrokan hari Senin (19/10) di Somalia.

Milisi antar suku yang bersaing terlibat bentrokan di jalan-jalan kota Beledweyne setelah terjadinya perselisihan terkait pemungutan pajak. Beledweyne terletak 133 kilometer di utara Mogadishu.

Sebagian besar korban luka-luka katanya adalah warga sipil yang terjebak dalam baku tembak. Seorang wartawan lokal yang merekam bentrokan itu juga luka-luka.

Upaya menengahi perselisihan itu sedang dilakukan. Pemimpin masyarakat lokal Ali Boreh mendesak pasukan Uni Afrika di kota itu untuk membantu memisahkan mereka yang terlibat bentrokan.

Bentrokan terbaru ini terjadi ketika para pemimpin Somalia sedang berkumpul di Mogadishu, membahas transisi politik Somalia mendatang. Pemerintah mengatakan pemilu yang sedianya diselenggarakan tahun depan, tidak akan dilaksanakan karena alasan keamanan.

Dalam tiga bulan terakhir ini, kelompok militan Al Shabab telah meledakkan sebuah hotel di Mogadishu, menyerang tiga pangkalan penjaga perdamaian Uni Afrika di Somalia dan meledakkan bom di kompleks istana presiden Somalia. [em/ii]

XS
SM
MD
LG