Tautan-tautan Akses

Bayi di Texas Meninggal karena Mikrosefalus terkait Zika


Juliana Duque, seorang perawat di Miami, Florida memberikan penjelasan mengenai bagaimana menghindari virus Zika kepada seorang perempuan yang hamil (foto: ilustrasi). Setidaknya 4 kasus Zika dilaporkan di Miami, Florida.

Juliana Duque, seorang perawat di Miami, Florida memberikan penjelasan mengenai bagaimana menghindari virus Zika kepada seorang perempuan yang hamil (foto: ilustrasi). Setidaknya 4 kasus Zika dilaporkan di Miami, Florida.

Pejabat di negara bagian Texas mengatakan bayi yang ibunya pergi ke El Salvador ketika hamil meninggal tidak lama setelah dilahirkan dalam kasus terkait virus Zika.

Dr. Umair Shah, direktur eksekutif Harris County Public Health hari Selasa (9/8) mengumumkan bahwa bayi itu yang meninggal beberapa minggu lalu menderita microcephaly, kondisi medis terkait infeksi Zika.

Hasil-hasil tes yang menyatakan ibu bayi itu terinfeksi Zika, dikukuhkan hari Jumat.

Pejabat kesehatan Texas mengatakan belum ada laporan kasus-kasus Zika yang ditularkan oleh nyamuk di Texas.

Ini merupakan kematian kedua terkait Zika di Amerika. Yang pertama adalah laki-laki lanjut usia yang meninggal di Utah bulan Juni ketika terinfeksi Zika serta penyakit lainnya. Laki-laki itu diyakini terinfeksi virus itu ketika bepergian ke luar negeri meskipun pejabat kesehatan tidak menjelaskan dimana.

Di negara bagian Florida di mana Zika juga menjadi keprihatinan. Gubernur Rick Scott mengatakan empat kasus baru yang diduga ditularkan oleh nyamuk dilaporkan di Miami. Ke empat kasus itu di daerah yang luasnya kurang dari 2 kilometer persegi.

Rick Scott hari Selasa mengatakan jumlah kasus setempat yang terjangkit kini 21. Ia menghimbau Kongres agar kembali dari reses musim panas untuk menyetujui dana darurat guna membantu Florida menghadapi krisis kesehatan itu.

Calon presiden Partai Demokrat, Hillary Clinton mengulangi seruan itu hari Selasa selama kunjungan ke Miami bahwa Kongres perlu kembali dan menyetujui RUU tentang dana untuk mengatasi ZIKA yang belum disetujui tatkala Kongres memulai masa resesnya atau mengkompromikan RUU dana untuk tujuan dimaksud.

Di Pulau Cayman pejabat kesehatan nasional mengatakan mereka telah mengukuhkan kasus setempat pertama virus Zika. Pasien itu adalah seorang laki-laki yang awalnya dilaporkan menderita gejala Zika akhir Juli. Ia tidak pernah pergi ke negara manapun yang diketahui terjangkit Zika. [my/al]

XS
SM
MD
LG