Tautan-tautan Akses

Pasien Virus Zika di AS Tulari Perawat


Virus Zika tersebar terutama melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti (foto: ilustrasi).

Virus Zika tersebar terutama melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti (foto: ilustrasi).

Seorang pria AS yang meninggal karena terinfeksi virus Zika di negara bagian Utah, telah menularkan penyakit itu kepada seorang perawatnya.

Para pejabat kesehatan Amerika mengatakan yakin bahwa seorang pria yang baru saja meninggal karena terinfeksi virus Zika di negara bagian Utah, menularkan penyakit itu kepada perawat, yang menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana virus itu menyebar.

Para pejabat Pusat Pengawasan dan Pencegahan Penyakit Amerika mengatakan hari Senin (18/7) bahwa perawat itu dinyatakan positif tertular virus Zika, tetapi tampaknya telah sembuh dari infeksi.

Mereka sedang menyelidiki bagaimana penyakit itu bisa menyebar. Para pejabat mengatakan jenis nyamuk yang terutama menyebarkan virus tidak ditemukan di daerah dataran tinggi di mana mereka tinggal. Dan para pejabat mengatakan bahwa kedua orang itu tidak melakukan hubungan seks - cara lain bagaimana virus Zika bisa menyebar.

Pria yang meninggal itu terinfeksi virus tersebut ketika berada di luar negeri. Para pejabat mengatakan penyebab pasti kematian tidak jelas karena orang itu berusia lanjut dan punya penyakit lain.

Virus Zika tersebar terutama melalui gigitan nyamuk.

Para ahli sangat prihatin mengenai nyamuk yang menggigit perempuan hamil. Mereka mengatakan ini bisa menyebabkan microcephaly, yang menyebabkan kelainan otak sejak lahir. [sp/ii]

XS
SM
MD
LG