Tautan-tautan Akses

Bangladesh Perketat Keamanan setelah Serangan atas Warga Budha


Pasukan keamanan Bangladesh melakukan penjagaan ketat atas kuil Budha di Cox's Bazar, Bangladesh selatan (1/10).

Pasukan keamanan Bangladesh melakukan penjagaan ketat atas kuil Budha di Cox's Bazar, Bangladesh selatan (1/10).

Pasukan keamanan Bangladesh berpatroli di beberapa bagian wilayah selatan Bangladesh untuk melindungi warga Budhis dari kemarahan para warga muslim di sana.

Pasukan keamanan berpatroli di beberapa bagian wilayah selatan Bangladesh untuk melindungi warga Budhis dari serangan lebih lanjut oleh Muslim yang memprotes foto yang dimuat di situs Facebook mengenai Quran yang terbakar.

Tentara dan paramiliter pengawal perbatasan dikerahkan di desa-desa yang mayoritas penduduknya Budhis di Cox’s Bazaar hari Senin, menyusul serangan Muslim selama dua hari terhadap kuil-kuil dan rumah-rumah warga Budha. Pihak berwenang juga melarang pertemuan umum di wilayah yang berbatasan dengan Birma.

Kekerasan terjadi setelah foto mengenai sebuah kitab suci Muslim yang terbakar itu dimuat di situs media sosial Facebook. Para demonstran mengklaim foto itu diunggah oleh seorang penduduk Budhis setempat yang kemudian dibawa untuk ditempatkan dalam perlindungan polisi, bersama-sama dengan anggota keluarganya yang lain. Laman Facebook lelaki itu kini ditutup.

Menteri Dalam Negeri Bangladesh Mohiuddin Khan Alamgir Senin mengatakan bahwa 166 orang telah ditahan terkait dengan serangan-serangan terhadap kuil-kuil dan rumah-rumah warga Budha. Ia menyatakan pemerintah akan menindak keras mereka yang ingin menyebarkan kebencian komunal.
XS
SM
MD
LG